Pavingisasi Akses Jalan, Pemdes Bajulmati Ajak Rembug Pedagang Pasar
Foto: Suasana rembug Pedagang dengan Pemdes Bajulmati.

Pavingisasi Akses Jalan, Pemdes Bajulmati Ajak Rembug Pedagang Pasar

Laporan: Nur Hadi

BANYUWANGI, Suara-Publik.com - Pemerintahan Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi sosialisasikan rencana pavingisasi jalan H. Rusman hingga jalan Kiwut pasar galekan Bajulmati.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dipendopo Desa Bajulmati, Rabu, ( 11/7/2018 ) Pagi ini. yang dihadiri oleh 67 pedagang pasar disepanjang jalan sebelah Utara dan barat pasar Galekan.

Dalam sambutannya, Kepala desa Bajulmati, Abdul Ghofar mengajak pedagang pasar khususnya bagian jalan disebelah Utara dan barat jalan untuk berembug bersama, dengan harapan pembangunan pavingisasi yang akan dilaksanakan nanti tidak menggangu aktifitas warga yang berjualan di pasar.

“Setelah di bangun nanti, diupayakan semua pihak dapat menjaga ketertiban pasar dan kenyamanan pengguna jalan. Sebab, jalan disekitar pasar yang akan dilakukan pavingisaai merupakan jalan umum atau jalan Desa bukan milik pasar. Karena pengembangan pasar semakin hari semakin penuh hingga jalan tersebut masuk dalam areal pasar.

Untuk itu saya minta pada semua pihak agar menjaga ketertiban. Dari itu saya berharap agar pedagang sepanjang jalan tersebut tidak berlomba-lomba besar besaran meja hingga mempersempit akses,"pinta Ghofar panggilan akrap kepala Desa dalam acara rembuk bareng.

Acara rembuk bareng yang dipimpin Kaur pembangunan, Gunawan mengemukakan, rencana pembangunan pavingisasi akan dijadwalkan 2 sesi, sesi pertama di sebelah utara dan sesi kedua sebelah barat dengan harapan agar para pedagang tetap dapat berjualan, "Langkah ini saya ambil agar para pedagang masih bisa melakukan aktifitas seperti biasa, maka bila sesi pertama selesai pelaksanaan pavingisasi para pedagang tetap bisa berjuala. Setelah sesi pertama lalu kami akan melanjutkan pemasangan tersebut pada sesi kedua dengan demikian para pedang masih bisa berjualan layaknya hari-hari biasa,"terang Gunawan.

Ditambahkannya, pelaksanaan pavingisasi tersebut merupakan program Padat Karya Tunai (PKT), yang mana pelaksanaan melibatkan masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna karena program tersebut masuk dana APBDes," tambah Kaur Pembangunan.

Pedagangnya boleh pindah, kemudian gantian sebelah barat, untuk masalah meja akan diatur oleh desa, biar besarnya sama, mengenai pengerjaannya, karena ini proyek Padat Karya Tunai ( PKT ), yang masuk di APBDes th. 2018, maka yang akan bekerja nantinya warga Bajulmati, jelas Gunawan.

Ditambahkannya, pekerjaan Pavingisasi K 300 dan tebal 6 cm. Gunawan mengajak masyarakat agar ikut mengawasi, sehingga proyek paving tersebut sesuai dengan harapan. “Mari ikut mengawasi proyek tersebut secara bersama, bila tidak sesuai masyarakat bisa komplain, inilah bentuk tanggung jawab bersama,“ imbuh Gunawan.

Menanggapi rencana tersebut, para pedagang Galekan Bajulmati menyampaikan kepada forum, selaku pedagang menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa yang telah membangun akses jalan.

"Saya berterima kasih kepada bapak Kepala Desa juga jajaran pemerintah Desa dengan melibatkan kami dalam perencanaan pembangun Desa Bajulmati, saya pribadi juga matur kesuwun atas program PKT yang rencananya akan dilaksanakan dalam bulan ini sebab sekain pedagang saya juga bertempat tinggal dijalan tersebut ", tutur Suyitno dalam pertemuan dipendopo Desa Bajulmati.

Rembug mengenai pindah lokasi sementara, pedang pasar menyepakati di sebelah barat H. Rusnam hingga perempatan pak Kiwut ke selatan. Proyek PKT pavingisasi akan di laksanakan mulai hari Senen pekan depan 16/7 2018.

Sedangkan warga pedagang sebelah utara di minta pindah setelah tutup pasar hari minggunya.

Sebelumnya Lapan Lakukan Pemetaan di Banyuwangi.
Selanjutnya 5 Penjudi Remi Diwarkop Bolodewo, di Sergap Polsek Sukomanunggal