PDIP Desak Bupati Bondowoso, Segera Tunjuk Sekda Definitif.
Foto: Sekretaris PDIP Bondowoso Andi Hermanto

PDIP Desak Bupati Bondowoso, Segera Tunjuk Sekda Definitif.

Laporan Redaksi.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bondowoso Andi Hermanto, mendesak Bupati segera mengangkat Sekda definitif. Sebab, jika tidak segera mengisi kekosongan Sekda akan menghambat jalannya roda Pemerintahan, karena tidak maksimal.

Sehingga, PDI Perjuangan sebagai salah satu partai pengusung Bupati dan Wakil Bupati mengharapkan agar Bupati segera menunjuk Sekertaris Daerah (Sekda) definitive.

Namun, Wakil Ketua DPRD ini melihat masih ada problematika terutama di pengambil kebijakan. Karena ada banyak kepentingan yang berada disekeliling Bupati. "Tapi PDI Perjuangan sebagai salah satu partai pengusung, mendesak Bupati untuk segera mengambil langkah. Meski ini merupakan hak prerogative Bupati dalam penentuan Sekda, namun, dalam open bidding ini sudah muncul tiga nama,”terangnya.

Andi menandaskan, bahwa penunjukkan Sekda definitive merupakan prerogative Bupati. Hanya saja, hingga selesai dilaksanakannya open bidding tak kunjung ada penunjukkan. Padahal kehadiran Sekda definitif dinilai menjadi penting, agar tidak terjadi keragu-raguan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di tingkat kabupaten. Dan yang paling penting adalah Bupati tidak salah memilih Sekda, karena Sekda menjadi ujung tombak dalam mengamankan kebijakan Bupati.

“Masalah siapa yang akan dilantik itu tergantung Pak Bupati sudah ada tiga nama, tapi tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan memenej semua organisasi pemerintah, baik didalam maupun diluar,” tegasnya.

Pihaknya berharap Sekda definitf yang terpilih nantinya merupakan orang yang mampu menjaga bagaimana ritme pemerintahan di kabupaten Bondowoso. Termasuk mampu berkomunikasi dengan seluruh jajaran eksekutif dan Yudikatif. Dan itu mutlak harus dimiliki oleh Sekda.

“Lebih penting juga bisa berkomunikasi dengan DPRD Bondowoso, jika tidak maka akan menjadi kendala bagi Pemkab Di kemudian hari,” katanya.

Menurutnya, Pj Sekda memiliki kewenangan terbatas, tentu tak sama dengan Sekda definitive yang memiliki keleluasaan di dalam mengatur gerak langkah pemerintahan ini. Sehingga akan menghambat jalannya roda pemerintahan kedepannya.

Diberitakan sebelumnya, Lelang jabatan posisi Sekertaris Daerah di Bondowoso telah memunculkan tiga nama di babak terakhir. Nama-nama dimaksud yakni Agung Tri Handono yang merupakan PJ. Sekda saat ini. Kemudian Farida yang merupakan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Bondowoso, dan salah satu staf ahli Bupati Situbondo bernama Syaifullah.

Sebelumnya Bupati Bondowoso Akan di Cap Pembohong Besar, Bila Salah Memilih Sekda.
Selanjutnya Mulai 24 Juni Ribuan Lulusan SD di Bondowoso, Berebut Kursi SMP Negeri.