Pekan Ini Dibahas Pembentukan Fraksi DPRD Baru
Foto: Ketua DPRD Kabupaten Blitar Sementara Suwito Saren Satoto

Pekan Ini Dibahas Pembentukan Fraksi DPRD Baru

Herlina Melaporkan.

Blitar ((suara-publik.com) - Sebanyak 50 Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar sudah dilantik. Namun, kini pucuk pimpinan dewan masih dijabat Ketua DPRD Sementara. Pasca dilantik beberapa waktu lalu, belum ada partai politik yang menyerahkan dokumen pembentukan fraksi.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Sementara, Suwito Saren Santoso mengatakan, tugas pertama sebagai pimpinan sementara adalah membentuk fraksi. Dari Pembentukan Fraksi akan dilanjutkan dengan pengusulan Ketua Ketua DPRD Definitif. Ia memastikan pembahasan Pembentukan Fraksi akan dilakukan pekan ini.

Diprediksi, fraksi yang akan terbentuk minimal berjumlah 4. Pasalnya sudah ada 4 partai politik yang mempunyai jumlah kursi yang cukup untuk membentuk fraksi, yakni PDI Perjuangan, PKB, PAN, dan Gerindra. Sementara partai lain yang mendapat kursi legislatif bisa bergabung.

Untuk diketahui, syarat bisa membentuk fraksi, jumlah kursi minimal harus sama dengan jumlah komisi yang ada. Dimana DPRD Kabupaten Blitar ada IV Komisi, sehingga untuk membentuk sebuah fraksi minimal harus ada 4 kursi.

Sebelumnya Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Usulkan Ranperda Pendidikan Karakter Pada Prolegda 2020
Selanjutnya Di Perubahan APBD 2019, Dprd Kabupaten Blitar Anggarkan Kebutuhan Sosialisasi Pilkada 2020.