Pembebasan Lahan Tol Probowangi Disosialisasikan.

Pembebasan Lahan Tol Probowangi Disosialisasikan.

Laporan : Nur Hadi

BANYUWANGI, Suara-Publik.com - Berdasarkan surat edaran nomor: 050/879/011.1/2018, pemberitahuan Tentang rencana pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Probowangi seksi III, hal itu dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas kapasitas jaringan jalan dalam melayani kawasan utara Jawa yang mempunyai lalu lintas dengan kepadatan tinggi.

Diharapkan, dengan dibangunnya tol Probowangi dapat meningkatkan produktivitas pengurangan biaya distribusi dan menyediakan akses ke pasar regional maupun internasional. Serta mendukung perekonomian dan meningkatkan aksesibilitas dengan daerah kawasan ekonomi kabupaten Banyuwangi.

Salah satu upaya yang sedang dikebut oleh pemerintahan Joko Widodo, adalah penyediaan system tranportasi yang efisien guna menunjang pertumbuhan ekonomi nasional, terkait letak tanah yang direncanakan untuk pembangunan jalan tol Probowangi seksi III yang akan melewati 1 kabupaten, 2 kecamatan dan 8 desa / kelurahan dengan panjang jalan -+ 31,928,04 Km.

Sedangkan luas tanah yang diperlukan adalah -+ 357,29 Ha. dan diperkiraan jangka waktu pelaksanaan pengadaan tanah jalan tol seksi III 2 ( dua ) tahun. Menurut Rubiyanto, rencana pembangunan jalan tol Probolinggo - Banyuwangi merupakan bagian dari rencana pembangunan jaringan jalan tol trans Jawa yang menghubungkan ruas Jakarta sampai dengan Banyuwangi.

Ini bagian dari informasi yang dikeluarkan oleh tim persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum provinsi Jawa Timur. "Berdasar surat edaran tersebut desa desa yang terdampak proyek jalan tol, tim pembebasan tanah akan melakukan sosialisasi pertama dilaksanakan hari senen depan tanggal 17/7 di Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi jam 10.00 WIB,"tutur Robyanto kepada para jurnalis hari ini 12/7 dikantor Kecamatan Wongsorejo.

Selain Desa Watukebo, pada hari yang sama ketua Tim Pembebasan tanah akan melakukan sosialisasi di Desa Bajulmati pada jam 19.00 wib, dan akan dilanjutkan beberapa hari kedepan Desa Desa yang terdampak proyek jalan tol, diantaranya Desa Sidowangi, Desa Sumber Anyar, Desa Wongsorejo, Desa Alasbuluh , Desa Bangkak dan Desa Bangaring semua Desa tersebut di pangkuan kecamatan wongsorejo.

"Selain desa-desa di Kecamatan Wongsorejo masih ada beberapa Desa yg akan terdampak proyek tol probowangi sebagai jalan lintas utara yakni Kecamatan Kalipuro Banyuwangi," tambahnya.

Sebelumnya Juara Asian Games Korea, Amanda Carr Tiba di Banyuwangi.
Selanjutnya Wakil Ketua DPC PDIP Bondowoso, Minta Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Invertarisasi Aset Daerah.