Pengangguran Masih Tinggi, Bondowoso Luncurkan Aplikasi Sikerja.
Foto: Bupati Bondowoso saat membuka Job Fair dan Launching Aplikasi Sikerja Di BLK DPMPTSP-Naker Bondowoso 2018.

Pengangguran Masih Tinggi, Bondowoso Luncurkan Aplikasi Sikerja.

Laporan : Guido Saphan 

BONDOWOSO(Suara-Publik) Bupati Bondowoso Salwa Arifin menyebut tingkat pengangguran terbuka di Kota Tape –julukan Kabupaten Bondowoso- pada 2017 mengalami penurunan dibandingkan pada 2016. Yakni 1,65 persen pada 2016 turun menjadi 1,56 persen pada 2017. 

Meski begitu, jumlah pengangguran masih tinggi mencapai angka 8.440 orang. Bupati Salwa menyampaikan hal tersebut saat membuka Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2018 Kabupaten Bondowoso dan Launching Sikerja (Sistem Informasi Kesempatan Kerja) Berbasis Android di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) pada Kamis pagi lalu (1/11/2018).

Melihat kondisi tersebut, dia mengatakan, diperlukan upaya menanggulangi dengan menciptakan inovasi untuk mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan. ”Disinilah, Pemkab Bondowoso melalui melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja bersinergi dengan pengusaha untuk mengentaskan permasalahan tenaga kerja melalui pelaksanaan bursa kerja.

Sehingga, inovasi teknologi informasi yang memudahkan pencari kerja di Bondowoso mendapatkan pekerjaan di perusahaan sangat penting,” kata Bupati Salwa.

Karena itu, inovasi Aplikasi Sikerja (Sistem Infornasi Kesempatan Kerja) berbasis android yang diluncurkan DPMPTSP-Naker itu, menurut dia, sangat berguna bagi pencari kerja. ”Karena, pencari kerja dan pengguna tenaga kerja dapat langsung mengakses informasi dan kesempatan kerja secara online dengan cepat, tepat, dan efisien. Ini sudah barang tentunya dapat menurunkan jumlah pengangguran yang masih tinggi di Bondowoso,” pungkasnya. 

Purno Winardi Kepala Dinas PMPTSP-Naker didampingi Azas Suwardi, Sekretaris Dinas PMPTSP-Naker mengatakan, Aplikasi Sikerka berbasis android merupakan sistem informasi kesempatan kerja yang bisa diakses dimana pun melalui smartphone, laptop, dan tablet, selama terkoneksi dengan internet. ”Aplikasi Sikerja ini memberikan manfaat bagi pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja. Karena, pencari kerja bisa membuat kartu pencari kerja secara online dan perusahaan bisa mencari pekerja sesuai kualifikasi,” katanya.

Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2018 yang menjadi gawe bareng Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI dengan Dinas PMPTSP-Naker Bondowoso ini digelar 1-3 November 2018. 

Diikuti 36 perusahaan dari dalam dan luar kota yang menyediakan 1.237 lowongan kerja. Meliputi posisi manager financial, konsultan, kasir, supervisor, supervisor marketing, administrasi kantor, dan posisi lainnya. 

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Plt.Sekda Karna Suswandi, perwakilan Kemenaker RI, dan pejabat Forkopimda Bondowoso.

Sebelumnya Duh, Petani Bondowoso Hanya Punya Lahan 0,2 Hektar.
Selanjutnya Data Analisa Kemiskinan Partisipatif, Mulai Menuai Kontroversi