Pengesahan 6 Fraksi DPRD Bondowoso, Molor.
Foto: 45 Anggota DPRD Bondowoso 2019-2024 Saat Dilantik.

Pengesahan 6 Fraksi DPRD Bondowoso, Molor.

Laporan : Guido Saphan.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.com) - Empat puluh lima anggota DPRD Bondowoso periode 2019-2024 dari delapan partai politik (parpol), akhirnya membentuk enam fraksi. Terbentuknya enam fraksi, ini merupakan kesepakatan anggota DPRD Bondowoso melalui rapat paripurna internal pembentukan fraksi yang dipimpin Ketua DPRD Bondowoso Sementara H. Ahmad Dhafir dan Wakil Ketua sementara M. Irsan M Bachtiar pada pekan lalu.

Dua parpol tidak memenuhi jumlah minimal kursi membentuk fraksi sendiri, yakni Partai Demokrat 2 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 kursi memilih bergabung dengan fraksi parpol lain. Sedangkan, PKB dengan 14 kursi, PDI-P 7 kursi, PPP 7 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PKS 5 kursi, dan Partai Gerindra 4 kursi membentuk fraksi sendiri.

”Dari komposisi kursi parpol, itu akhirnya disepakati DPRD Bondowoso 2019-2024 terbentuk 6 kursi. Demokrat bergabung PPP membentuk fraksi dan PAN bergabung Golkar membentuk fraksi,” kata Dhafir di Gedung DPRD Bondowoso, pagi kemarin (4/9/2019).

Meski begitu, menurut Ketua DPC PKB Bondowoso, itu proses pengesahan 6 fraksi melalui rapat paripurna DPRD belum bisa segera dilaksanakan alias molor. Karena, dari enam fraksi yang sudah terbentuk, itu belum semua menyerahkan komposisi fraksi yang terdiri ketua, sekretaris, dan anggota pada Sekretariat DPRD Bondowoso.

”Tinggal Fraksi PPP yang belum menyerahkan komposisi fraksi. Sedangkan, Fraksi PKB, PDI-P, Golkar, PKS, dan Gerindra sudah menyerahkan komposisi fraksi ke Sekretariat DPRD,” ungkapnya.

Sebagai Ketua DPRD sementara, Dhafir mengaku tidak bisa memaksa pengurus PPP untuk segera menyerahkan komposisi fraksi ke Sekretariat DPRD, karena dirinya belum Ketua DPRD definitif. Namun, bapak tiga anak, ini berharap PPP segera menyerahkan komposisi fraksi seperti dilakukan PKB, PDI-P, Golkar, PKS, dan Gerindra.

”Karena, kalau enam parpol sudah menyerahkan komposisi fraksi ke Sekretariat DPRD, kita segera paripurna pengesahan enam fraksi. Jadi, sekarang tinggal menunggu PPP menyerahkan komposisi fraksi ke Sekretariat DPRD,” ujarnya.

Jika 6 Fraksi sudah disahkan, menurut Dhafir, DPRD Bondowoso juga segera melaksanakan paripurna pengumuman dan penetapan pimpinan DPRD definitif 2019-2024. Karena, setelah pengesahan fraksi dan penetapan pimpinan DPRD definitif, dia berharap Alat Kelengkapan Dewan (AKD) juga bisa terbentuk sebelum akhir September 2019 ini.

”Dengan begitu, DPRD Bondowoso yang baru, ini sudah bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di bulan berikutnya,” terangnya.

Jumlah enam fraksi di DPRD Bondowoso periode 2019-2024 menurun dibandingkan periode 2014-2019 sebanyak 7 fraksi. Keenam fraksi itu adalah, Fraksi PKB (16 anggota), Fraksi PDI-P (7 anggota), Fraksi PPP-Demokrat (8 anggota), Fraksi Golkar (7 anggota), Fraksi PKS (5 anggota), dan Fraksi Gerindra (4 anggota). (ido)

Sebelumnya BD Narkoba Jaringan Malaysia, Dijerat Pasal Berlapis.
Selanjutnya Honor Guru Ngaji di Bondowoso, Tidak Cair Serentak di 23 Kecamatan.