Peringatan Harlah Pancasila di Blitar Bertajuk " Gotong Royong Menuju Indonesia Maju".

Peringatan Harlah Pancasila di Blitar Bertajuk " Gotong Royong Menuju Indonesia Maju".

Suara-publik.com. Blitar - Hari paling bersejarah momentum lahir nya Pancasila pada tanggal 1 Juni di Blitar prosesi berjalan sangat sederhana sekali detik detik peringatan secara nasional hanya diselenggarakan Pemerintah RI dengan cukup hanya upacara Virtual langsung dengan Presiden Joko Widodo bersama jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Sedangkan di Kota Blitar sendiri dilakukan di ruang Integreted Sistem Center gedung Kominfo dimulai sejak pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.45 WIB . Senin (1/6/2020).

Seperti yang diagendakan Pemkot Blitar, karena saat ini negara dalam kondisi disease pandemic corona virus Covid-19, usai mengikuti upacara secara teleconvren langsung digelar upacara di Istana Gebang yang memiliki nilai sejarah yang cukup kental bagi sang Proklamator di Blitar.

Prosesi upacara berlangsung hanya diikuti oleh beberapa tokoh penggagas hari lahir nya Pancasila dan kepala OPD dengaan mengenakan pakaian adat kejawen,upacara dipimpin langsung oleh Walikota Blitar Drs.Santoso.

Pada peringatan hari lahir nya Pancasila kali ini mengambil tema " Pancasila Dalam Tindakan Gotong Royong Menuju Indonesia Maju" . Walikota Blitar Drs.Santoso mengatakan sesuai dengan tema peringatan tahun ini, Dalam sambutannya, Lahir Pancasila ke-75 kali ini menyesuaikan kondisi dibayang-bayangi wabah virus corona yang masih belum biusa dipastikan kapan berahirnya masa pandemic ini.

Sehingga pelaksanaan Hari Lahir Pancasila menggunakan protokoler kesehatan COVID-19. "Melalui Hari Peringatan Pancasila, mari kita lihat dari lubuk hati kita yang paling dalam. Apakah tutur kata dan sikap kita sudah mencerminkan Pancasila Nilai-nilai Pancasila harus menjadi landasan kita untuk menghadapi pandemi COVID-19 ini," kata Santoso.

Semua kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19, lanjut dia, selalu berlandaskan nilai kemanusiaan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

Solidaritas perlu terus ditumbuhkan agar bisa selamat bersama-sama melalui wabah Corona, sejalan dengan rencana Pemerintah persiapan melangkah dalam kehidupan baru “ Indonesia New Normal “.

Setelah usai menggelar upacara di Istana Gebang, rangkaian acara berikut nya berlanjut ziarah ke Makam Bung Karno (MBK) yang terletak di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan, dilanjutkan pembagian bantuan sembako , masker, hanzanitiser dan makanan kepada pedagang sekitar makam bung Karno yang terdampak virus Corona .(Herlina)

Sebelumnya AKBP Arief Fitrianto, Resmi Jadi Kapolres Gresik
Selanjutnya "Memayu Raharjaning Praja" Dijadikan Filosofi Kades Yang Terkenal Militan di Lamongan.