Petung Penuh Pesona, Dusun Diatas Awan Penghasil Madu.
Foto atas: Dusun Petung yang berada diatas Awan. Bawah: Petani Madu dan Kades Kretek.

Petung Penuh Pesona, Dusun Diatas Awan Penghasil Madu.

Laporan : M Susyanto

BONDOWOSO-suara-publik.com-Desa Kretek Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai macam ragam potensi.

Terdiri dari 8 dusun yaitu Dusun Kretek, Cura Bangka, Tenggir, Gumukdari, Dusun Tambah Ukir, Krocok Olo, Dusun Krocok dan Dusun Petung.

Diantara ke 8 dusun tersebut, ada 1 yang memiliki daya tarik tersendiri, yaitu Dusun Petung yang ada di dataran tertinggi dari Desa Desa se Kabupaten Bondowoso.

Kepala Desa Kretek Sugianto saat di wawancra ( 08-11), mengatakan " Dusun Petung disebut sebagai Dusun atas awan karena letaknya yang berada di atas gunung, sehingga apabila kondisi berembun, maka dusun tersebut akan tertutupi oleh awan dan akan terasa berada di atas awan.

Namun untuk mencapai ke Dusun Petung harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari pusat Desa dengan berjalan kaki, papar Sugianto.

Masih Sugianto, kehidupan masyarakat disana masih sederhana, mayoritas mata pencariannya bercocok tanam di lahan pertanian dan perkebunan. Kebutuhan penerangan di dusun Petung masih mengunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Meskipun Dusun Petung berada di atas gunung masih terjangkau fasilitas pendidikan, meskipun hanya Sekolah Dasar,"katanya.

Begitu juga dengan pelayanan kesehatan di Dusun Petung masih sangat minim, apabila ada yang sakit keras, maka harus turun gunung untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Dibalik minimnya fasilitas-fasilitas pendidikan dan kesehatan, Dusun Petung memiliki Potensi alam yang bernilai jual tinggi. Apabila dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun warga Bondowoso. Kopi dan Madu di Petung sangat baik kualitasnya. Bila digarap dengan profesional, bisa meningkatkan penfapatan warga.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat disana untuk dipublikasikan keindahan potensi dari dusun tersebut,"imbuhnya.

Khusus Untuk Petani madu warga kami sangat antusias sekali karena ini penghasilan satu satunya dari jaman nenek moyang kami adalah madu lebah hutan asli dari hutan," Ujarnya.

100%

Selanjutnya tambah Sugianto, kami menjualkan madu murni, madu sarang, madu liar asli dari hutan, yang ada di Desa Kretek Dusun Petung Kecamatan Taman Krocok. Dulu kalau akan panen madu warga kami kesulitan pemasaran dan akses jalan menuju kota untuk memasarkan. Namun sekarang sudah bisa bernafas lega, karena BUMdes telah mengakomodir semua hasil hutan warga kami terutama hasil madu asli yang di panen di hutan rakyat maupun pekarangan warga.

Setelah itu di kumpulkan atau di uangkan di BUMdes dan sebagian kecil sebagai pengganti transport aja yang di berikan kepada petugas BUMdes. Hasil penjualan semuanya di serahkan kepada pemilik/petani,"pungkasnya.

Sebelumnya La Nyalla Berperan Tingkatkan Elektabilitas Jokowi-Makruf.
Selanjutnya 10 Hari Operasi Zebra Semeru 2018, Polsek Sawahan Tindak 796 Pelanggar.