Polisi Cinta Anak, Jadi Rebutan Siswa SD

Polisi Cinta Anak, Jadi Rebutan Siswa SD

Laporan Iwan Dayat.

Pasuruan Suara Publik. Nongkojajar ( 18/11/2017 ) Sosok Polisi zaman dulu seringkali dilakukan untuk menakuti anak-anak. Kalau ada anak-anak yang tak mau menurut apa kata orang tua pasti akan terucap “ Tak panggilkan polisi biar di tangkap”.

Hal ini justru menjadikan salah kaprah karena menimbulkan ketakutan dan kebencian anak kecil kepada polisi sehingga mereka takut tatkala melihat seorang polisi. Dengan wajah ketakutan sang anak pun akhirnya mengikuti apa perintah orang tuanya.

Zaman sudah berubah. Tak ada lagi sosok Polisi yang menakutkan. Yang ada adalah Polisi humanis, bersahabat dan dekat dengan siapa saja.Polisi sekarang tidaklah sama dengan polisi jaman dahulu yang identik dengan kemiliteran dan tampang yang garang, polisi yang sekarang mengedepankan dialogis humanis simpatik dan 3 S (Senyum Sapa Salam) serta paradigma baru yaitu membangun kemitraan dan kerja sama dengan masyarakat agar ke depan polisi semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat dari semua golongan mulai anak2 sampai orang dewasa.

Banyak cara yang dilakukan polisi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Salah satunya adalah berbaur, berinteraksi dengan anak sekolah dan berkunjung di ke Polsek atau Polres setempat untuk memberitahukan tempat-tempat yang bisa menyenangkan anak-anak seperti Taman Lalu Lintas. Makanya paradigma lama harus diubah dan diganti dengan paradifma baru untuk pemahaman sosok Polisi yang menakutkan harus dirubah. Polisi adalah guru, teman dan sahabat bagi anak-anak.

Oleh karena itu Kapolsek Nongkojajar AKP Cahyo Widodo menganggap hal ini sebagai peluang untuk mengenalkan sosok Polri yang humanis. Oleh karenanya, diperintahkan kepada Anggota Polsek Nongkojajar untuk sambang ke sekolah-sekolah memberikan pembinaan kepada anak sekolah.“Kalau ada polisi di sekolah biasanya anak-anak malah senang.

Selain memberikan motivasi juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas,” ujar Kapolsek Nongkojajar. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kasi Humas Polsek Nongkojajar BRIPKA Rama Adhitama S, S.H. Disela-sela melakukan giat pengaturan pagi, kehadiran Kasi Humas Polsek Nongkojajar disambut dengan riang oleh anak-anak SD Madrasah Ibtidaiyah Dusun Manggungan, Desa Blarang. Merekapun berebut untuk berjabat tangan dan minta foto bersama.

“Ini membuktikan bahwa sosok Polisi menjadi kebanggaan bagi anak-anak, ungkap Kapolsek Nongkojajar

Sebelumnya Rakercab PDI-P Surabaya Hadirkan Gus Ipul dan Aswar Anas
Selanjutnya Kades Kemuningan Serahkan Bantuan Alat Produksi Pada Warganya.