Polres Malang Sosialisasi Dampak Bangunan di Atas Aliran Sungai DAS

Polres Malang Sosialisasi Dampak Bangunan di Atas Aliran Sungai DAS

Laporan Iwan Dayat.

Malang Suara-Publik.

BhabinkamtibmasDesa Tunjungtirto, Singosari,  Aiptu Sa'du Heru Setiawan, menghadiri sosialisasi Dampak Lingkungan Bangunan di Daerah Aliran Sungai ( DAS ). Acara yang berlangsung di aula Kantor Desa Tunjungtirto ini dihadiri tidak kurang dari 50 orang warga dan perangkat desa.  Melalui sosialisasi ini disampaikan peraturan-peraturan hukum pemerintah tentang DAS. Termasuk ancaman hukum bagi orang/pihak tertentu yang mendirikan bangunan melanggar batas bantaran sungai juga ancaman  hukum bagi mereka yang mencemari/membuang sampah di sepanjang aliran sungai.

Kapolres Malang AKBP YADE SETIAWAN UJUNG, SH, SIK, M.Si di lokasi lain menambahkan bahwa meskipun saat ini puncak musim kemarau dan debit air sungai tampak surut, hendaknya tetap mentaati aturan batas bantaran sungai apabila ingin mendirikan bangunan di sekitar DAS.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang aliran sungai apabila debit air sungai meningkat pada saat musim penghujan nanti untuk menghindari terjadinya banjir. Selain itu warga yang tempat tinggalnya disepanjang bantaran sungai juga dihimbau agar tidak membuang sampah di sungai agar tidak mencemari dan menghambat aliran air sungai.

Terakhir yang tak kalah pentingnya, warga juga diperingatkan agar tidak menebangi pohon sembarangan di area DAS sebab keberadaan pohon ini sangat penting sebagai sumber resapan air dan juga melindungi tanah dari erosi.  

Sudahwaktunya bagi kita semua untuk berubah menjadi warga negara yang baik, sadar hukum dan amanah terhadap peraturan, sungai bukanlah tempat sampah, air sungai adalah sumber alam yang sangat penting bagi semua kehidupan, selain itu sungai yang indah dapat dikembangkan menjadi tempat wisata sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang menguntungkan semua pihak.

Sebelumnya Aiptu Wahyono: Pangkat dan Jabatan Hanyalah Titipan.
Selanjutnya DPRD Bondowoso Apresiasi Proses Layanan Pengurusan SIM yang Memuaskan.