Program Jalin Matra, Diserahkan Secara Simbolik Oleh Wabup Bondowoso.
Foto: Wabup Bondowoso H. Irwan Bahtiar.

Program Jalin Matra, Diserahkan Secara Simbolik Oleh Wabup Bondowoso.

Laporan : M Susyanto.

BONDOWOSO. suara-publik.com - Pemberian secara simbolis bantuan Jalin Matra ( 02-10 ) di Desa Patemon kecamatan Tlogosari oleh Wakil Bupati Bondowoso H.Irwan Bahtiar R.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas BPMD Kabupaten Bondowoso, Kepala Kecamatan Tlogosari dan Muspika.

Usai acara, Wakil Bupati H Irwan Bahtiar menerangkan "Program jalin matra ini dari Gubernur Jatim H Sukarwo. Latar belakang Program ini, karena populasi Penduduk jawa timur 50% masuk kategori miskin, terutama kepala Rumah Tangga Perempuan.

Masih Wabup, sasaran program ini adalah kaum ibu ibu,karena ibu ibu bisa menambah kebutuhan rumah tangganya, bila mendapat program ini. Maka dari itu kepada semua penerima program Jalin Matra di Kabupaten Bondowoso ini harus mengikuti petunjuk pendamping dan Koordinator Lapangan.

Apapun petunjuk dari pendamping ataupun kepala Dinas BPMD yang membidangi, itu harus betul betul di laksanakan. Terkait perkembangan Program Jalin Matra ini saya minta kepada kepala dinas BPMD Abdurrahman, untuk melaporkan secara berkala kepada kami.

Hal ini agar kami bisa melihat, apakah berkembang ataupun tidak nantinya akan terbaca dampak program di maksud pada masyarakat. Juga tidak hanya itu, apa yang di ajukan oleh kaum ibu ibu itu harus di analisa dulu, karena harus betul betul ter ukur dan berdampak positip pada masyarakat, tutur Irwan Bahtiar.

Pada intinya semua bantuan ini terarah dan sangat berguna bagi masyarakat, agar ekononomi masyarakat dapat di dongkrak dari Program ini. Kami Pemerintahan baru,  sepakat akan meningkatkan Bondowoso lebih maju lagi.

Di tambahkan Irwan, apalagi di Bondowoso masih tercatat 14,56% angka kemiskinannya. Juga Rumah tidak layak huni masih mencapai angka 80 ribu rumah. Angka ini kami dapat dari Dinas Permukiman Kabupaten Bondowoso.

Untuk mengatasi semua itu adalah Pemberdayaan, sedangkan Untuk meningkatkan Pemberdayaan masyarakat adalah salah satu tugas Dinas Pemberdayaan Nasyarakat Desa, urainya.

Di singgung terkait program yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), tokoh PDIP ini menjawab, seharusnya program apapun di Dinas tersebut adalah murni Pemberdayaan Masyarakat. Bukan di kontrak tualkan seperti yang sudah berjalan selama ini. Semua program yang ada di Dinas BPMD harus di swakelolakan, di berdayakan," Tegasnya.

Disinggung bila terjadi penyelewengan, Wabup dengan tegas menjawab, apabila masih ada penyelewengan, kami Pemerintah tidak akan segan segan mencopot Kepala Dinasnya" Pungkasnya.

Sebelumnya 16 Parpol dan Timses Blitar, Tandatangani Pemilu Damai
Selanjutnya Kadis BPMD Bondowoso, Serahkan Bantuan Jalin Matra Desa Patemon.