Puluhan Wartawan Kecewa, Dilarang Meliput Kehadiran Prabowo di Prigen.

Puluhan Wartawan Kecewa, Dilarang Meliput Kehadiran Prabowo di Prigen.

Laporan Iwan Dayat.

Pasuruan Suara-Publik.com Apel Kader 8.500 Partai Gerindra se-Jawa Timur, di lapangan pacuan kuda, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan mendapat kecaman.

Pasalnya, wartawan yang melakukan tugas jurnalistik pada kegiatan yang dihadiri Prabowo Subianto itu, justru dilarang masuk ke lokasi acara. Penolakan keberadaan wartawan tersebut, mengemuka setelah Ketua Umum Partai Gerindra tersebut datang ke lokasi apel akbar. 

Pengawalan ketat dilakukan kepada sosok orang nomor satu di Partai berlambang kepala garuda itu. Puluhan wartawan wilayah Pasuruan, yang cukup lama menunggu kehadiran Prabowo pun dipaksa mundur menjauh dari arena apel akbar.

“Dilarang meliput” kata Abdus Syukur salah satu wartawan. Syukur menilai larangan peliputan merupakan pelanggaran hukum. Menurutnya publik perlu mendapatkan informasi utuh, dikaitkan dengan tokoh nasional, yang selama ini disebut-sebut bakal bertarung kembali di Pemilihan Presiden RI pada 2019 mendatang.

Dilokasi peliputan pada ruang terbuka, sehingga Syukur menganggap tidak bijak bila terdapat larangan peliputan, meskipun tidak ada pengusiran.

“ Terlalu berlebih pengawalannya. Melebihi Paspampres,” imbuh Syukur. Hingga berita ini bergulir, Belum ada penjelasan resmi yang disampaikan jajaran Partai Gerindra, terhadap larangan peliputan kepada jurnalis yang bertugas di wilayah Pasuruan kali ini.

Partai Gerindra menggelar Apel 8.500 Kader se-Jawa Timur yang dipusatkan di lapangan pacuan kuda, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu (6/5/2018). Dalam agenda, diketahui selain apel, Prabowo juga melakukan pengukuhan kepengurusan Divisi Laskar Raden Wijaya. Sebanyak 8.500 kader diperkirakan memadati lapangan pacuan kuda Prigen, mengikuti gelaran apel akbar Partai Gerindra se-Jawa Timur. 

Jumlah sebanyak itu, selain dari undangan dan jajaran pengurus DPC Partai Gerindra, juga terdiri dari ribuan kader dari struktur sayap dan pendukung partai berlambang kepala garuda ini. Organisasi penguat itu diantaranya, GMP, SATRIA, TIDAR dan PPIR.    

Sebelumnya Exponen 99 Segera Bertemu Yusril Ihza Mahendra, Untuk Mengungkap Persoalan Hukum di Bondowoso.
Selanjutnya Mengaku Sebagai Kapolres KP3 dan Ajudannya, Komplotan ini Dibekuk.