Raker Komisi III Dengan Dinas Akan Ditindaklanjuti Kelapangan

Raker Komisi III Dengan Dinas Akan Ditindaklanjuti Kelapangan

BONDOWOSO, Suara Publik - Rapat kerja (Raker) Komisi III DPRD Bondowoso, dengan sejumlah mitra kerjanya dari Pemkab Bondowoso, berlangsung selama dua hari. Raker tersebut menindak lanjuti penyampaikan nota penjelasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2016.

          Ketua Komisi III DPRD Bondowoso, Drs.Syamsul Hadi, mengatakan, raker ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya setelah penyampaian nota pejelasan LKPJ oleh Bupati, dilanjutkan dengan pemandangan umum (PU) fraksi-fraksi.

          “Nah, untuk tahun ini PU fraksi ditiadakan, karena mengungat waktunya sangat padat. Dan hal itu sudah menjadi kesepakatan setiap fraksi,”kata Syamsul Hadi.

          Berkaitan dengan raker, menurut Syamsul Hadi, setiap komisi sudah menyelesaikan kegiatannya dengan mitranya masing-masing, saat ini Komisi III sudah menyelesaikan raker dengan Dinas Kominfo, Dinas Pemukiman, PUPR dan Dinas Pariwisata.

          “Secara umum, raker dengan mitra kerja Komisi III tidak ada masalah, meski ada beberapa perbaikan-perbaikan dan peningkatan kinerja bagi dinas-dinas,”katanya.

          Menurutnya, pada tahun 2016, ada sejumlah kegiatan yang belum diselesaikan, karena terkendala anggaran, seperti ditundanya Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 100 miliar lebih, sehingga kegiatan yang sudah dijadwalkan terpaksa ditunda dan diselesaikan pada tahun 2017 ini.

          “Ini yang menjadi kendala sehingga kegiatan tidak terselesaikan. Tapi tahun ini sudah dilanjutkan,”tegasnya.

          Kendati demikian, Komisi III akan melakukan cek lapangan kesejumlah kegiatan yang sudah dilaporkan selesai 100%. Sebab, jika tidak dilakukan pengecekan kelapangan dikwatirkan tidak sesuai dengan laporan yang sudah disampaikan kepada DPRD.

          “Bukan kita tidak percaya kepada pemerintah sebagai pelaksana kegaiatan, tapi ini merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP), yang harus kita laksanakan sebagaimana tata tertib (Tatib) DPRD,”ujarnya.

          Sementara itu, Kepala Dinas Pemukiman Ir.Mudjianto, MM, mengaku, bahwa rapat kerja yang telah dilakukan dengan Komisi III DPRD, menindaklanjuti LPKJ Bupati tahun 2016. Sehingga semua kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 kemarin sesuai dengan LKPJ Bupati.

          “Kita sudah sampaikan, terkait kegiatan dinas tahun 2016 kepada semua anggota Komisi III, termasuk peyerapan anggaran yang sudah kita lakukan,”katanya.

          Sejauh ini, pertanyaan dari semua anggota Komisi III dijawab sesuai dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan, baik yang sudah 100% maupun yang belum selesai 100%. Sehingga untuk memastikan kegaiatan tersebut sudah dilaksanakan, rencananya Komisi III akan melakukan penegecekan dilapangan besok, Rabu, (19/04/2017).

          Kita sudah siap untuk dilakukan pengecekan dilapangan, karena hal itu memang harus dilakukan oleh DPRD sebagai pengawasan,”imbuhnya. (her)

Sebelumnya AKBP Muhammad Aldian, S.I.K., M.H.: Kita Siaga 1 Memantau Pengerahan Massa Ke Pilkada DKI
Selanjutnya Satreskoba Polres Bondowoso Tangkap Dua Orang Pengedar Pil Koplo Ditempat Berbeda