Ribuan Kosmetik Tanpa Ijin Edar, di Grebek BPOM Surabaya.

Ribuan Kosmetik Tanpa Ijin Edar, di Grebek BPOM Surabaya.

Laporan: Tom

SURABAYA suara-publik.com - Ribuan kosmetik ilegal disita Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kota Surabaya. Berbagai produk kosmetik , obat obatan beserta pangan tanpa izin edar tersebut disita dari outlet kecantikan D'natural Jalan Dr Soetomo no.75 Surabaya.

"Total ada 2.806 pcs barang yang kami sita. Patut diduga ilegal karena produk-produk kosmetik dan pangan yang disita tersebut tidak memiliki izin edar," ungkap Kepala BPOM Kota Surabaya Sapari kepada wartawan di lokasi, Selasa 13 Maret 2018. "Kami menyebutkan jumlah pastinya 2.806 pcs.Kebanyakan yang disita adalah kosmetik, obat obatan tradisional dan pangan," jelasnya. 

Ia menjelaskan, pihaknya segera melayangkan panggilan kepada pemilik produk kosmetik yang disita, karena saat razia berlangsung, pemilik outlet D'natural PT.Natural Spirit tidak ada ditempat," ujarnya.

"seluruh barang bukti yang disita saat ini diamankan di gedung BPOM Kota Surabaya. "Selain masuk kategori Produk Tanpa Izin Edar (PTIE), produk-produk kosmetik yang disita juga diduga indikasi mengandung bahan berbahaya," ungkap Kepala BPOM Kota Surabaya Sapari.

Pemilik outlet, kata Sapari, melanggar Pasal 142 tahun 2012 tentang pangan dan UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. "Sanksinya, pemilik akan kami panggil untuk selanjutnya diberikan sanksi" pungkasnya. 

Sebelumnya Disidangkan, Marketing Narkoba Dapat Honor 80.000/Hari.
Selanjutnya Vonis 4 Tahun Kurungan, Bagi Pasutri Budak Sabu.