Sat Sabhara Polrestabes Surabaya Siap Amankan Pilkada 2018.

Sat Sabhara Polrestabes Surabaya Siap Amankan Pilkada 2018.

Laporan: Tom

SURABAYA Suara-Publik. Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya menyatakan siap mengamankan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Indonesia, pada Juli 2018 mendatang. Simulasi terkait pengamanan pilkada, digelar guna persiapan awal.

Simulasi yang diikuti ratusan personil Sat Sabhara digelar dilapangan Mako Mapolrestabes Surabaya, sabtu (05/8) pagi. "Tadi kami lakukan simulasi. Kami peragakan tahapan pelaksanaan pengamanan pilkada serentak," ujar Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, AKBP Awan Hariono.

Berdasarkan pantauan dilapangan, simulasi pengamanan pilkada digelar pukul 08.00 - 12.00 WIB, di Lapangan Mako Mapolrestabes Surabaya. Sejumlah tahapan pengamanan diperagakan para anggota, sesuai dengan arahan pimpinan.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya juga menggelar simulasi pengamanan pilkada di wilayah Surabaya. Tahapan pengamanan dimulai dari pengawalan logistik pilkada dan persiapan bakal calon wali kota, masa kampanye, pendistribusian ke tempat (KPU), pengambilan suara, penghitungan suara, hingga pelantikan.

"Pada pertengahan simulasi, ditunjukan bagaimana cara pengamanan bila terjadi kericuhan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU kota Surabaya. Para personel Sat Sabhara, pasukan Raimas, satuan anti huru-hara, kendaraan watercanon, diturunkan ke lapangan untuk mengamanakan situasi. Sejumlah pengunjuk rasa, yang diperagakan para anggota Sat Sabhara melempari anggota pengendali massa dengan botol botolan serta balok(seolah-olah batu) dan ada juga yang membakar ban.

"Sementara itu Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal menjelaskan, Kita melakukan latihan peningkatan kemampuan ini adalah kegiatan rutin bagi kita semua setiap satu bulan sekali, kita ada perbedaan fungsi dalam rangka peningkatan kemampuan latihan kemampuan teknis dan kemampuan taktik Saat ini kantor Sabhara menginisiasi di dalam rangka menyambut Pilkada serentak 2018.

Kita akan mengawali dulu bahwa satuan Sabhara Polrestabes Surabaya dan jajaran itu siap di dalam eskalasi apapun kita akan melatihkan pengendalian masa awal di dalam eskalasi biasa sampai dengan ekskresi meningkat pengendalian massa lanjutan," terang M.Iqbal, sabtu (05/8).

Masih lanjut Muhammad Iqbal Tentunya, sebagai seorang anggota Polri harus paham betul secara teknis dan taktis kepolisian karena apa semua yang kita lakukan di dalam rangka perlindungan pengayoman oleh masyarakat bukan hanya yang melaksanakan aksi demo tetapi juga objek vital yang yang ada di sekitar masyarakat sekitar," pungkasnya.

Sebelumnya Sabhara Jawara Futsal Kapolresta Pasuruan Cup.
Selanjutnya Alumni Akpol 1989-1990 Adakan Giat Sepeda Sehat.