Sejumlah Kades Mulai Membangkang, Nyatakan Sikap Dukung Paslon Sabar.
Foto: Salah satu Kades(berbaju Putih yg membangkang.

Sejumlah Kades Mulai Membangkang, Nyatakan Sikap Dukung Paslon Sabar.

Laporan : M.Susyanto

BONDOWOSO, suara-publik.com - Sejumlah Kepala Desa di Kabpaten Bondowoso, mulai terang terangan mendukung pasangan calon (paslon) Bupati nomor urut 1. Hal itu dibuktikan, satu kepala desa ikut dalam kampanye. Sabtu sore, (12/5/2018).

Seperti yang terjadi pada acara kampanye di desa Jetis Kecamatan Curahdami. Taufik, Kapala Desa Jetis, terang-terangan mengikuti acara kampaye, bahkan ikut bergabung diatas panggung mendampingi paslon, KH Salwa Arifin-H.Irwan Bachtiar dan sejumlah juru Kampanye (Jurkam).

Meski tidak memberikan pernyataan, masyarakat Desa Jetis sangat bangga kepada Kadesnya, ketika berani ambil resiko. Sebab, tidak sedikit kades yang mendapat ancaman dan intimidasi dari Camatnya ketika tidak sejalan arah pilihannya terhadap paslon.

Sekertaris Tim Pemenangan Paslon Sabar, Andi Hermanto, mengaku senang ketika sejumlah kades terang-terangan membangkang perintah camat untuk pindah dukungan kepada paslon Sabar.

“Kita semua berhak memilih pemimpin yang disukai, karena itu hak bagi masyarakat, termasuk kepala desa, dan mereka itu dilindungi oleh UU,” kata Wakil Ketua DPRD Bondowoso ini. Sebagai kepala Desa, kata Andi, dapat menentukan sendiri pilihannya terhadap calon Bupati dan Wakil Bupati. Apalagi masyarakat sekarang sudah melek politik, sehingga masyarakat sudah punya pilihan sendiri siapa yang dianggap paling baik memimpin Bondowoso kedepan.

“Dan menurut saya, para kades itu bukan melakukan pembangkangan terhadap camat yang menyuruh untuk mendukung salah satu paslon. Tapi karena para kades sadar kalau dalam berdemokrasi adalah suka-suka mereka,”ujarnya.

Andi juga berharap, agar para kepala desa di Bondowoso tidak takut terhadap intimidasi atau ancaman. Karena kades itu dipilih oleh rakyat, dan jangan takut DD dan program lainnya, seperti Raskin, PKH. tidak cair, karena program itu dari APBN.

“Makanya, kalau masih ada yang melakukan intimidasi atau ancaman segera laporkan kepada saya, pasti akan saya tindak lanjuti, saya tegaskan kepada para Kades agar jangan takut untuk menentukan sikap pada pilkada tahun ini,”tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan Kades disejumlah Kecamatan sudah menyatakan diri untuk mendukung dan memenangkan paslon Sabar pada tanggal 27 Juni mendatang. Pernyataan itu disampaikan kepada Ketua Exponen 99, Drs.H.Samsul Hadi dan H.Irwan Bachtiar Rahmat, di rumah Kepala Desa Petemon Kecamatan Tlogosari, beberapa waktu lalu.(*)

Sebelumnya Turnamen Futsal Cup I IMKL, Wadah Silaturahim Mahasiswa se Kepri.
Selanjutnya 3 Gereja di Surabaya, Jadi Sasaran Bom Bunuh diri.