Sekat Raya Gubeng, Aparat Amankan Puluhan R2 dan 3 Remaja Bersabuk Gear.

Sekat Raya Gubeng, Aparat Amankan Puluhan R2 dan 3 Remaja Bersabuk Gear.

Laporan: Tom

SURABAYA - Sabtu Malam Minggu dini hari (3/12/2017) dini hari kemarin, jalur jalan Raya Gubeng Surabaya tepatnya sebelah Hotel Sahid mendadak tersendat. Puluhan polisi berseragam dengan senjata lengkap, serta berpakaian preman nampak berjajar disana. Mereka menggelar razia multi sasaran dijalur Jalan Raya Gubeng tersebut.

Selain mengagetkan sejumlah pengguna jalan, operasi gabungan ini juga menjadi tontonan gratis bagi warga sekitar. Pasukan gabungan itu berasal dari Polrestabes Surabaya. Operasi kali ini, dipimpin oleh Kasat Satresnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Roni Faisal Saiful Fathon.

Semua satuan fungsi dilibatkan pada operasi kali ini. Mulai dari Satreskrim, Satreskoba, Satintelkam, Satsabhara, Satlantas hingga TNI, Mereka menyebar dan berjajar sepanjang 600 meter untuk mengantisipasi kendaraan roda dua (motor) yang berniat putar arah menghindari pemeriksaan. Sebab jalan yang mereka sekat, adalah jalur satu arah (searah).

"Jaga kewaspadaan masing masing personil. Tindak semua pengendara roda dua yang melanggar. Periksa semua barang bawaan," kata AKBP Roni Faisal Saiful Fathon saat memberikan instruksi pada semua personil sebelum razia dimulai.

AKBP Roni Faisal menyebut, razia kali ini untuk mencegah maupun menindak pelanggaran kendaraan, 3C (curas, curat, curanmor), sajam, handak hingga narkoba. Dari instruksi itulah, semua pengendara motor dihentikan untuk diperiksa surat kelengkapannya serta barang bawaannya. Aksi nekat dipertontonkan sejumlah pengendara motor yang melawan arus dengan cara berputar balik untuk menghindari pemeriksaan.

Banyak pula yang akhirnya berhasil dihentikan oleh anggota yang berpakaian preman. Razia itu sendiri berlangsung mulai pukul 23.30 Wib hingga 02.00 Wib. Hasilnya, ratusan pengendara ditilang akibat tidak membawa SIM maupun helm. Sedangkan puluhan motor yang tidak dilengkapi STNK, akhirnya disita dan dibawa ke Mapolrestabes Surabaya.

"Angkut semua. Sampaikan kepada pemilik, silahkan ambil ke Mapolrestabes Surabaya dengan membawa kelengkapan surat kendaraan yang sesuai," tegas AKBP Roni Faisal Ada yang menarik dari razia kali ini.

Tiba tiba ada tiga orang pemuda yang masih dibawah umur mengendarai motor bebek jenis Jupiter. Ketiga Pemuda ini berboncengan tiga melaju kencang dari arah Stasiun Gubeng menuju Pom Bensin Gubeng Surabaya. Dan ketika dia mengetahui ada razia, ketiga pemuda ini berusaha berputar arah.

Namun upayanya sia-sia. Sebab sejumlah personil polisi berpakaian preman dengan sigap menghentikannya. Ketiga Pemuda ini kemudian mengendarai motornya dengan pelan menuju titik tilang.

Ternyata, salah satu dari mereka dalam keadaan mabuk dan setelah digeledah badan oleh anggota ternyata satu dari tiga pemuda yang masih dibawah umur ini memakai ikat pinggang yang ada gearnya. Ketiga pemuda tersebut adalah, FSL (14), RN (13) dan IY (14) mereka bertiga berasal dari Tambak Segaran Gg. Taman Surabaya dan ketiganya masih berstatus pelajar.

Tadi kita amankan 3 orang yang diduga membawa ikat pinggang yang ada gearnya, ini mungkin sinyalir untuk kegiatan-kegiatan yang mungkin dapat membahayakan orang lain. Demikian ini masih kita laksanakan proses yang mana Nanti dilaksanakan proses di Polsek kita limpahkan di Polsek Gubeng ini masih ada beberapa pelanggaran-pelanggaran dari pengguna sepeda motor tanpa dilengkapi surat," tegas Roni.

Sebelumnya Baru 2 Bulan Bebas Curi Burung Lagi, Murjito di Hajar Warga.
Selanjutnya Sodomi Anak Klas 3SD, Paedofil ini Layak di Kebiri.