Shinto Silitonga, Sik, Msi Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Yang Baru

Shinto Silitonga, Sik, Msi Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Yang Baru

Surabaya Suara Publik. Sosok menarik nan ramah namun berwibawa, Shinto Silitonga, Sik, Msi Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya yang baru dilantik beberapa hari lalu. Pria kelahir Medan 3 April 1978 ini selalu bertugas dengan penuh tanggung jawab.

Seorang Bhayangkara Sejati bang, papar Ujang pedagang PKL di Pasar Baru Jakarta.Ujang yang dulunya penyalur gadis dari Indramayu dan sekitarnya untuk bekerja di dunia remang-remang Jakarta. Namun menurut Ujang dirinya tidak sampai terkena jerat hukum karena tidak menjual gadis-gadis itu. Ujang hanya mengantar para gadis untuk menemui teman kampong nya yang bekerja di Hiburan Malam dikawasan Taman Sari, Lokasari Pasar Baru.

Masih Ujang, saya berhenti mengantar gadis malam karena tidak sengaja ketemu Kompol Shinto Silitonga. Beliau tidak tahu profesi saya sebenarnya, tapi seakan belaiu ngerti dan menasehati saya. Panjang lebar beliau nasehati tentang sebab dan akibat dikawasan Pasar Baru dekat hotel Clasic.

Mendengar nasehat beliau, langsung saya berhenti antar jemput gadis malam lalu berdagang, urai Ujang pada wartawan Suara Publik di Pasar Baru Jakarta. Besok tempat ini sudah ganti orang yang dagang. Saya pulang kampong di Jawa Barat bertani dan dagang hasil tabungan 3 tahun dagang disini, tutup Ujang.

Shinto Silitonga selama bertugas di Jakarta memang patut mendapat apresiasi dari masyarakat. Betapa tidak, sebagai Kaplosek Sawah Besar, sangat dekat dengan wartawan dan warganya. Sehingga setiap tindak kriminalitas cepat tertangani dengan mudah. Walau tegas dalam tindakan preventif, namun Shinto tak lupa dengan tindakan persuasive. Pendekatan dengan warga dan tokoh masyarakat.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini diyakini dengan muda memetakan kriminalitas di Surabaya. Sebab pengalaman kluyuran malam di warung atau tempat rawan sering dilakukan di wilayah kerjanya sebagai Kapolsek Sawah Besar Jakpus 2013 dan Wakasat Narkoba Polrest Jakbar 2014.

Lulusan Akpol 1999 dan Ptik 2006 ini mendapat kepercayaan menjadi Kasatreskrim Polrestabes Surabaya. Dengan pangkat AKBP, setelah Sespim 2015 diharap bisa mencegah angka kriminalitas sesuai disipiplin ilmunya di Bundes Kriminal Amnt Jerman pada 2004 dan 2010. Suami dari Wicky Sectioni Siregar dan bapak 4 anak ini memiliki tanggung jawab besar dipundaknya. Mengawal kota Surabaya dari tindakan kriminalitas dari tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Segenap Managemant dan Redaksi Suara Publik mengucapkan Selamat Atas dilantiknya AKBP Shinto Silitonga sebaga Kastreskrim Polrestabes Surabaya. Semoga selalu sehat agar sukses dalam menjalankan tugas dan amanah yang diemban.(*)

Sebelumnya Bawa 90 Burung Beo Tanpa Surat Karantina, SA dan AH di Tangkap Polairud Polda Jatim
Selanjutnya Adakan Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim