Siapkan Polri Berkualitas, Polres dan Pemkab Buat Mou.

Siapkan Polri Berkualitas, Polres dan Pemkab Buat Mou.

Laporan Hery Masduki.

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Polres Bondowoso bersama Pemkab Bondowoso menandatangani perjanjian kerjasama dalam rangka melakukan pembinaan terhadap siswa yang berminat dan tertarik menjadi seorang polisi yang unggul dan berkwalitas.

Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zaenardi mengatakan, untuk mempersiapkan bibit-bibit unggul dan berkwalitas, Kepolisian beresama Pemkab melakukan kerjasama untuk menjaring para calon Polri yang siap mengabdi kepada negara dan bangsa.

“Untuk menjadi anggota Polri, kita harus mempersiapkan diri dari jauh hari sebelumnya, bukan hanya pada saat tes masuk polisi baru dipersiapkan,” kata Kapolres Bondowoso.

Kapolres mengemukakan, upaya ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Bondowoso yang ingin menjadi anggota polri namun minim informasi.

“Biasanya masyarakat kurang memahami informasi seperti, berapa banyak anggota polri yang dibutuhkan, kapan tes dilakukan dan apa saja persyaratannya,” katanya.

Dengan kerjasama ini, polres akan memberikan pendampingan kepada para siswa yang berminat menjadi anggota polri. Melalui sekolah tingkat menengah atas. Polres akan menjaring para siswa yang berminat dan memenuhi syarat awal sebagai anggota polri.

“Diantara persyaratan itu adalah, nilai akademik dan tinggi badan sesuai dengan yang disyaratkan. Apalagi semua sarana disini tidak menjadi hambatan. Kita punya Rumah Sakit Bhayangkara, dokter psikologi dan juga tempat pelatihan jasmani,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengapresiasi gagasan polres untuk mempersiapkan lebih awal bibit-bibit unggul yang berkeinginan menjadi anggota polri. “Prinsipnya, kita mendukung apa yang menjadi komitmen kepolisian untuk merekrut calon anggota polri dari bibit-bibit unggul daerah melalui cara penelusuran dan pembinaan sejak dini,” kata Bupati.

Bupati Amin berharap, dengan adanya kerjasama ini akan banyak bermunculan warga Bondowoso menjadi anggota polri. Sebab berdasarkan data yang dimiliki polres, pada tahun 2017 ini warga Bondowoso yang mendaftar anggota polri hanya bisa lolos sebanyak 20 persen.

“Tentunya melalui badan ataupun instansi pemkab, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan instansi terkait lainnya, akan mensupport sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani,” kata Bupati.

Selain itu, untuk menjadi calon polri tidak harus mengeluarkan biaya banyak, hanya saja peserta wajib menyiapkan Duit. “Duit itu adalah Do’a, Usaha, Ihktiar dan Tawakkal, dan Duit itulah yang selalu disampaikan Pak Kapolres,”imbuhnya.(her)

Sebelumnya Tertanam Jiwa Gotong Royong Sejak Dini, Anak TK SD Ikut Kerja Bakti.
Selanjutnya Belum Sempat Bawa Kabur Hasil Curian, Pria Ini Keburu di Ringkus