Simpan Sabu Seberat 1,12 Gram Dalam Kamar Kos, Anam Albar Didakwa Pengedar.
Foto: Terdakwa Anam Albar bin Sujono, menjalani sidang yang digelar diruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, secara online, Senin (21/09/2020).

Simpan Sabu Seberat 1,12 Gram Dalam Kamar Kos, Anam Albar Didakwa Pengedar.

Surabaya, suara-publik.com - Sidang perkara penyalagunaan narkotika jenis sabu sebarat 1,12 gram, dengan terdakwa Anam Albar bin Sujono, digelar diruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, secara online, Senin (21/09/2020).

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Putu Parwati,SH dari Kejati Jatim. Yang dilanjutkan dengan keterangan saksi dari Polri Ditresnarkoba Polda Jatim.

Saksi Handika Prasetya dan saksi David Aris Dianto, menerangkan bahwa setelah mendapat informasi dari masyarakat selanjutnya melakukan penangkapan di rumah kos terdakwa daerah Simopomahan.

Saat ditangkap terdakwa bersama temannya kenken dan Maulana, saat penangkapan terdakwa mengatakan kalau kenken tidak tahu atas barang sabu tersebut.

Saksi Handika dan saksi David menjelaskan kalau terdakwa tidak dilakukan tes urine, karena saksi hanyalah sebagai penangkap saja.

Saat dilakukan penggeledahan ditemukan sabu 0,37 gram dalam penguasaan terdakwa Anam dan sabu 0,75 gram terdapat dalam dompet terdakwa.

Dalam pemeriksaan terdakwa, mengakui semua perbuatannya, dan mengaku menyesal tidak mengulangi perbuatannya.

Terdakwa dalam persidangan secara online juga didampingi oleh Kuasa Hukum Fardiansyah,SH dari LBH Lacak, yang juga telah memberikan pembelaan secara lisan terhadap terdakwa dipersidangan.

Sidang akan dilanjutnya senin pekan depan dengan agenda penuntutan oleh JPU.

Bahwa ia terdakwa Anam Albar bin Sujono, pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020 sekitar pukul 20.30 Wib. Bertempat di dalam kamar kos di Jln.Simo Pomahan Baru gang V/14 Kel.Simomulyo Baru Kec.Sukomanunggal Kota Surabaya Tanpa hak melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam hal jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I. Sebanyak 2 bungkus plastik klip berisi narkotika shabu berat kotor 1,12 gram beserta bungkusnya atau berat bersih 0,479 gram.

Berdasarkan informasi dari masyarakat di sekitar Jln.Simo Pomahan Baru gang V/14 Kel.Simomulyo Baru Kota Surabaya sering terjadi transaksi jual beli narkotika jenis shabu.

Selanjutnya saksi Handika Prasetya dan saksi David Aris Dianto beserta team dari Ditresnarkoba Polda Jatim menuju ke lokasi dan melakukan penangkapan terhadap terdakwa Anam Albar bin Sujono.

Dilakukan penggeledahan badan terdakwa ditemukan1 bungkus shabu dengan berat 0,37 gram beserta bungkusnya yang disimpan disaku celana depan sebelah kiri yang dipakai terdakwa, dan ditemukan juga 1 bungkus shabu dengan berat 0,75 gram beserta bungkusnya yang disimpan dalam dompet milik terdakwa.

Menurut terdakwa, shabu tersebut diperoleh dari Gandrik alias Andri Kuntjoro (DPO) dengan cara membeli seharga Rp.1.400.000,-.

Perbuatan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.(sam).

Sebelumnya Ditangkap Saat Pesta Sabu, Leo, Dwiyanto, Guntur Dituntut 4 Tahun Penjara.
Selanjutnya Wakapolda Jatim, Kunjungi Posko Ops. Yustisi Polres Gresik.