Syaifullah Lebih Berpeluang Diangkat Menjadi Sekda Bondowoso.
Foto: Direktur Jack Centre Agus Sugiarto.

Syaifullah Lebih Berpeluang Diangkat Menjadi Sekda Bondowoso.

Laporan Guido Saphan.

BONDOWOSO, (Suara-Publik,com) - Molornya pengangkatan sekretaris daerah (Sekda) Bondowoso, terus menjadi sorotan. Karena Sekda devinitif tidak segera dilantik oleh Bupati . Meski begitu, orang dekat Bupati Salwa yang namanya enggan disebutkan mengatakan, kabar Syaifullah dipilih sebagai Sekda yang berkembang di masyarakat, bukan rumor.

Karena, menurut dia, Syaifullah orang dekat Bupati Salwa dan dari seleksi terbuka mempunyai kemampuan mumpuni menjadi Sekda. ”Juga tidak kalah pentingnya, Syaifullah adalah putra daerah. Kalau, Bupati memilih dia, maka pertama kalinya putra daerah menjabat Sekda Bondowoso,” katanya.

Sementara itu, Agus Sugiarto Direktur Jack Centre Bondowoso, lembaga yang konsisten menyoroti kebijakan publik kabupaten/kota se-Jatim mengatakan, tiga nama pejabat lolos tahap akhir seleksi terbuka, memiliki peluang sama dipilih Bupati Salwa menjadi Sekda definitif. Namun, melihat hubungan emosional, rekam jejak, dan kemampuan, kata Agus Jack-panggilan karibnya- nama Syaifullah lebih berpeluang dipilih Bupati Salwa sebagai Sekda definitif dibandingkan Agung Tri Handono dan Farida.

Selain itu, Syaifullah juga dekat dengan keluarga pesantren di Situbondo, sehingga kedekatan itu menjadi modal untuk lebih dekat dengan Bupati Salwa. ”Jadi, kalau beredar kabar di masyarakat, Syaifullah yang akan dipilih dan dilantik menjadi Sekda Bondowoso, bisa benar adanya. Dia putra daerah asal Pejaten Bondowoso dan dekat dengan Bupati Salwa,” ujarnya.

Sekedar mengingat, tiga nama yang lolos tahap akhir seleksi terbuka jabatan Sekda Bondowoso, adalah Dra. Farida, M.Si , Kepala Bappeda; Drs. Agung Tri Handono, SH.MM, Asisten I yang juga Pj. Sekda Bondowoso, dan Syaifullah SE, Msi, Staf Ahli Bupati Situbondo.

Sebelumnya Meski Sudah Mengundurkan Diri Sebagai Tenaga Kontrak, Jack Centre Tetap Melaporkan Ajudan Bupati Ke Polisi.
Selanjutnya Soal Pengangkatan Sekda Bondowoso, Ini Kata Bupati Salwa