Tertulis di Banner APBDes, Anggaran Perjalanan Dinas Pemdes Cagak Agung Capai Puluhan Milyar.

Tertulis di Banner APBDes, Anggaran Perjalanan Dinas Pemdes Cagak Agung Capai Puluhan Milyar.

Gresik, suara-publik.com - Jumlah uang perjalanan dinas Kepala Desa Cagak agung, kecamatan Cerme bikin kita tergiur. Uang perjalanan yang di anggarkan dalam APBDes tahun 2020 dalam setahun bukan hanya seratus atau dua ratus juta, tapi Puluhan Milyar tepatnya Rp. 13 Milyar lebih.

Jika di kalkulasi. Sehari melakukan perjalanan dinas, Kepala Desa bisa mendapatkan puluhan jutaan rupiah. Kursi Kepala Desa menjadi incaran banyak orang, bukan karena apa, rupanya gaji beserta tunjangan dan biaya perjalanan Dinas yang akan didapat Kepala Desa besar jumlahnya.

Untuk sekadar anggaran perjalanan dinas saja, nilainya mencapai puluhan miliaran rupiah, namun itu hanya temuan di salah satu Banner yang di pasang di Kantor Desa Cagak Agung.

Mencoba menelusuri kisaran jumlah uang perjalanan dinas yang sudah di anggarkan dan di tempel di Banner APBDes tahun 2020 Desa Cagak agung banyak yang mengira adalah suatu kesalahan tulis, namun banyak kalangan menilai hal itu harus bisa di pertanggung jawabkan kepada Masyarakat setempat.

"itu kan hal sepele, mungkin saja salah tulis tapi yang jadi garis besar saya, untuk urusan kecil itu saja salah apalagi untuk urusan yang besar," ungkap Ketua LSM GCW, Sahar Sulur. Kamis (20/8).

Sulur menilai jika Pemdes Cagak Agung lalai dan tidak teliti dalam penyusunan APBDes sehingga hal itu bisa menimbulkan asumsi untuk semua pekerjaan di Desa Cagak Agung termasuk berbagai proyek infrastruktur yang di khawatirkan juga menjadi korban lalai atau tidak teliti dari Pemdes.

"itu yang kita khawatirkan, apalagi di Desa Cagak Agung tahun ini mendapat BK hampir satu Milyar, nulis anggaran saja salah apa boleh kita menuduh dalam penggunaan dan realisasi juga salah, ini kan ada benang merah nya juga," ungkap Sulur.

Kepala Desa Cagak agung, Sapa'at saat dihubungi mengenai hal ini belum tersambung, di kirim pesan Whatsapp juga tidak dibalas.(wahyudi)

Sebelumnya Pmpp dan Gkni Sidoarjo, Blusukan Ngopi Bareng PKL Krian
Selanjutnya Kades Warsito Kebut Pembangunan Infrastruktur, Paska Pandemi Corona.