Tingkatkan Peluang Usaha Online Bagi Warganya, Pemkab Blitar MoU Dengan Bukalapak.
Foto: Bupati Blitar Usai Penanda Tanganan MoU dengan perwakilan Bukalapak.

Tingkatkan Peluang Usaha Online Bagi Warganya, Pemkab Blitar MoU Dengan Bukalapak.

Indra Melaporkan.

Blitar (suara-publik.com) - Dengan meningkatnya peluang usaha bagi usaha kecil dan warga Blitar dalam berkreasi serta belajar untuk berwirausaha. Pemerintah Kabupaten Blitar berusaha untuk membantu wirausaha UMKM semakin berkembang.

Pemerintah Kabupaten Blitar bekerja sama dengan Buka Lapak. Kerjasama Pemerintah Kabupaten Blitar dengan Bukalapak ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Bupati Blitar Rijanto dengan Associate Vice President of Public Policy and Government Relation Bukalapak, Bima Laga di Pendapa Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto, mengatakan," dengan jumlah 255 ribu ini menjadikan Kabupaten Blitar menjadi daerah dengan jumlah UMKM terbanyak di Jawa Timur. Tentunya di tengah persaingan global yang serba Online perlu dukungan pemerintah daerah dalam kegiatan pendampingan dan pelatihan salah satunya dengan menjembati dengan situs Bukalapak ini.

Setelah ini nanti kerjasama secara teknis dengan dinas-dinas. Tentunya pendampingan-pendampingan semacam ini harapan kita usaha mikro ini semakin pesat dan membuka lapangan kerja baru. Dengan demikian tentunya pertumbuhan ekonomi di Blitar semakin bagus.

Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang memberi pendampingan, pihaknya juga semakin mempermudah pelayanan perizinan bagi masyarakat. Yakni dengan pengurusan perizinan yang cepat dan gratis ke masyarakat, kata Rijanto.

Masih Bupati Blitar Rijanto ,"Perizinan usaha mikro kita gratis dan kantor perizinan ini sampai di tingkat Kecamatan. Ini adalah kewenangan Bupati yang didelegasikan kepada camat-camat. Ini adalah bentuk kemudahan pelayanan kita kepada masyarakat,” jelasnya.

Bima Laga,Associate Vice President of Public Policy and Government Relation Bukalapak mengatakan, "kalau usaha mikro di Kabupaten Blitar ini bagus-bagus dan unik-unik. Sedang pengusaha dari Kabupaten Blitar yang sudah bergabung di Bukalapak sekitar 40 ribu pengusaha.

Untuk itu perlu dorongan untuk membuat seluruhnya bergabung terjun memiliki lapak Online. Target kita seperti pak Bupati tadi sekitar 250 ribu bergabung dengan kita. Peran kita di sini memberikan pelatihan bagi UMKM yang baru mau bergabung tentang bagaimana mengambil gambar foto produk yang bagus, bagaimana packaging yang baik dan lain sebagainya,” ujarnya (hms)

Sebelumnya Wakil Bupati Blitar, Resmikan Kampung Wirausaha Online.
Selanjutnya Inspektorat: Sarat Penyimpangan, Hasil Audit Keuangan PMI Bondowoso Priode 2014-2019 Sudah di Tangan Bupati.