Tradisi Pedang Pora Warnai Sertijab Kapolres Pasuruan

Tradisi Pedang Pora Warnai Sertijab Kapolres Pasuruan

Laporan Iwan Dayat:

Pasuruan (Suara Publik) - Mutasi jabatan dalam lingkungan Polri merupakan dinamika organisasi sebagai bagian dari pembinaan yang senantiasa berlangsung secara sistematis dan berkelanjutan serta dilaksanakan secara konsisten pada lingkup internal Polri yang dilaksanakan sebagai wujud pengembangan sebuah organisasi.

Dan hari ini Rabu, (14/06/2017) bertempat di Mapolres Pasuruan telah dilaksanakan tradisi penyambutan dengan serah terima jabatan Kapolres Pasuruan yang lama AKBP Muhammad Aldian, S.I.K., M.H. dengan jabatan barunya menjadi Wadir Lantas Polda Jatim, sedangkan pejabat baru AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K., M.H. yang sebelumnya dari jabatan lamanya menjadi Kapolres Lumajang.

Acara pisah sambut ini dihadiri seluruh pejabat utama Polres Pasuruan, maupun Polsek Jajaran, ibu Bhayangkari cabang Pasuruan dan juga seluruh anggota Polres Pasuruan baik Bintara maupun PNS Polres Pasuruan, yang selanjutnya Kapolres yang baru bersama Ibu Bhayangkari cabang Pasuruan berjalan memasuki halaman Polres Pasuruan disambut dengan tradisi Pedang Pora dengan berjalan lewat tengah-tengah pasukan Pedang Pora dan juga disambut dengan seluruh anggota baik Perwira, Bintara, maupun PNS yang berjajar di sepanjang jalan masuk Mapolres dengan menaburi bunga melati saat berjalan di karpet merahnya.

Selanjutnya Kapolres yang lama dan baru serta seluruh Perwira Polres Pasuruan masuk ke dalam Ruang Eksekutif untuk melakukan giat Lapsat (Laporan Kesatuan) yang mana Kapolres Pasuruan yang lama melaporkan kepada Kapolres Pasuruan yang baru tentang Situasi kondisi wilayah, Pesonil, sarana prasarana dan anggran  seluruh Polres Pasuruan dan jajarannya dan lain-lainnya hingga selesai.

Setelah Lapsat selesai, selanjutnya Prosesi pisah sambut pada acara akhir yaitu pelepasan dan atau perpisahan terhadap Kapolres yang lama yaitu dengan cara bahwa Kapolres bersama ibu Ketua Bhayangkari cabang Pasuruan yang lama di antar / dilepas  Kapolres bersama Ibu Ketua Bhayangkari yang baru di depan pintu keluar (Joglo) gedung Mapolres selanjutnya Kapolres yang lama berjalan keluar dengan diberi penghormatan Payung pora yang menadakan selamat jalan untuk bertugas di tempat yang baru serta selamat perpisah oleh para perwira yang ditunjuk dan selanjutnya Kapolres yang lama (AKBP Muyhammad Aldian. S.I.K., M.H) bersama ibu didampingi Kapolres yang baru (AKBP Raydian Kokrosono. S.I.K., M.H.) bersama Ibu  berjalan keluar yang disambut / diantar oleh seluruh anggota bersama Bhayangkari yang berdiri dan berjajar rapi sambil ditaburi bunga melati hingga dipintu keluar dan dengan tangisan haru menyelimuti para anggota Polres Pasuruan acara selanjunya selesai berjalan lancar dan tertib.

AKBP Muhammad Aldian mengucapkan terima kasih atas pengabdian seluruh anggota Polres Pasuruan, karena selama satu tahun dua bulan terakhir ini menjabat sebagai Kapolres Pasuruan, ia mengaku mendapat dukungan dari anggotanya. “Saya berharap para anggota tetap semangat, bantu Kapolres yang baru. Jangan sesekali melanggar kewenangan dan disiplin, apalagi menggunakan Narkoba,” pesannya yang terakhir kepada seluruh anggota Polres Pasuruan.

Sebelumnya Rotterdam Homestay di Razia, PPA Amankan 4 Orang 1 Diantaranya Jadi Tersangka TPPO
Selanjutnya 30 Kali Beraksi, Satu dari Tiga Pelaku Curas Ditembak.