Untuk Pemenuhan Ujian Praktik PPKN, Smp Muhammadiyah 3 Surabaya Gelar Peradilan Semu.
Foto: Siswa Siswi yang ikut Maple PPKN gelar Peradilan Semu

Untuk Pemenuhan Ujian Praktik PPKN, Smp Muhammadiyah 3 Surabaya Gelar Peradilan Semu.

Surabaya, Suara Publik - Semester genap telah tiba. Tiba pulalah bulan-bulan ujian bagi peserta didik kelas IX, termasuk peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Surabaya.

Diawali dengan Ujian Praktek, kemudian USBN, dan akhirnya UNBK.

Peserta didik pun berupaya dalam menghadapi segala bentuk ujian yang ada. Istilah “berperang” pun menjadi hall yang harus dihadapi saat ini.

SMP Muhammadiyah 3 Surabaya menggelar Ujian Praktek dari tanggal 20 Januari 2020 hingga 5 Februari 2020. Semua mapel diujikan dalam Ujian Praktek.

Ujian Praktek ini salah satu tujuannya, untuk menggali talenta peserta didik, termasuk maple PPKn. Pada maple PPKn, Ujian Praktek yang diujikan adalah Peradilan Semu.

100%

Peradilan Semu ini bertujuan untuk memperagakan tata cara persidangan yang merupakan perwujudan Norma Hukum dalam mewujudkan keadilan.

Kasus yang diangkat dalam Peradilan Semu dalam Ujian Praktek ini adalah kasus pidana. Alasan kasus pidana yang diangkat adalah agar peserta didik tidak mempraktekkan perbuatan buruk yang diperankan oleh Terdakwa.

“Mereka jadi tahu tugas Penegak Hukum. Mereka juga tahu bagaimana Terdakwa didampingi oleh Penasehat Hukum. Mengetahui jalannya sidang dari Dakwaan hingga Putusan. Kita ambil kasus pidana yang akan membuat mereka nantinya tidak mempraktekkan perilaku buruk Terdakwa,” ujar Bijak Yuriswira, S.H. selaku guru PPKn sekaligus Pengampu Kelas Hukum pada Sekolah Sabat SMP Muhammadiyah 3 Surabaya.

Sebelumnya Ditangkap Usai Terima Uang Kekurangan Pesanan 10 g Sabu, Kini Sipudin Dituntut 7 Tahun,
Selanjutnya Didampingi Muspika Grati, Istri Bupati Pasuruan Lantik TP PKK dan Bunda Paud