Upaya Meningkatkan Produksi, UMKM Kecamatan Kalipura Mendapat Bimbingan Teknis Dari Diskoperindag.

Upaya Meningkatkan Produksi, UMKM Kecamatan Kalipura Mendapat Bimbingan Teknis Dari Diskoperindag.

Laporan Syaifulloh.

BANYUWANGI, (Suara-Publik.com) Sedikitnya 100 ibu-ibu pengusaha, mendapat Pelatihan Bimbingan Teknis yang diadakan dikantor kecamatan Kalipuro. Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Forpimda, Kepala Disperindag Drs. Sih Wahyudi MM, Camat Kalipuro Henry Suhartono S.Sos dan staf Kecamatan sekaligus memberikan santunan kepada 5 anak yatim Piatu. Rabu (14/8/19).

Sebelum menginjak acara di mulai terlebih dulu menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama - sama, kemudian di lanjutkan dengan acara sambutan yang diawali Camat Kalipuro.

Dalam sambutannya Camat Henry Suhartono S.Sos, mengatakan tujuan mengajak para pengusaha ibu - ibu yang sudah terdaftar di UMKM ini untuk memberikan bimbingan tehnis.

Kegiatan bimbingan teknis ini, kata Camat Kalipuro, sekaligus melakukan berdialog dengan Kepala Disperindag (Dinas Perindustrian dan Dagang) Drs. Sih Wahyudi MM. "Nantinya Kadisperindag yang ingin memberikan pelatihan pada ibu - ibu pengusaha home industri,"ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Camat Kalipuro, kegiatan pelatihan untuk ibu - ibu pelaku UMKM ini di prakarsai oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Banyuwangi. Sehingga ibu - ibu dalam usaha UMKM home industri rumah tangga dan kebetulan diikuti 3 Desa yang selama ini sebagai pengusaha kopi.

Sedangkan usaha yang di lakukan UMKM di Desa Pesucen ini adalah produk jajanan wingen, yaitu jajanan pasar lokal. Sementara Desa Bulusari dan Desa Tlemung dikenal dengan produk kopinya yang sangat disukai banyak kalangan. "Bahkan home indutri kopi tersebut sudah terkenal di masyarakat luas, hingga sampai ke manca Negara,"ungkap Henry.

Menurut Camat Kalipuro, pelatihan ini nantinya tidak hanya dilakukan untuk UMKM Desa Bulusari dengan produk olahan kopi. Namun, di lanjutkan UMKM Kelurahan Kalipuro, tentang pembuatan jenis krupuk. "Kelihatannya memang mudah, tapi pada prakteknya kurang begitu sempurna dalam pengolahannya, sehingga masih perlu pelatihan khusus, apalagi masih kelompok baru," tuturnya.

Camat berharap agar himbauan Bupati H.Abdulah Azwar Annas. M.Si yang telah memberi solusi untuk membangun pondasi ekonomi mulai dari bawah, sehingga nantinya masyarakat bisa lebih kuat dan bisa menopang kegiatan untuk dukungan partisipasi, aktif masyarakat dalam ikut serta membangun Kabupaten Banyuwangi.

"Maka perlu memperkuat pondasi dasar. Dengan demikian dibutuhkan belajar supaya bisa meningkatkan usahanya. Kebetulan pada tahun 2019 ini Disperindag terus berupaya melakukan pembinaan secara kontinyu dengan memakai sistem komoditi proritas secara global dan menyeluruh," imbunhya.

Sebelumnya Pemko dan DPRD Tanjungpinang, Teken KUA-PPAS APBDP 2019.
Selanjutnya Kedapatan Bawa Sabu Seberat 44,55 Gram, 2 Pemuda Ini di Ancam Pasal Berlapis.