Urkes Polwan Malang Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis.

Urkes Polwan Malang Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis.

Laporan Iwan Dayat.

Malang, Suara-Publik. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan ke- 69 Urkes Polres Malang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang dan Laboratorium Patimura Kota Malang, bersama-sama melaksanakan kegiatan pemeriksaan Pap Smear gratis bagi seluruh Polwan, PNS, dan Bhayangkari Jajaran Polres Malang di Urkes Polres Malang.

Layanan pemeriksaan Pap Smear ini untuk menekan jumlah penderita kanker serviks yang juga sebagai pembunuh pertama bagi kaum perempuan di Indonesia. Pap Smear dapat dilakukan bagi kaum wanita yang sudah menikah atau wanita yang aktif melakukan hubungan suami istri.

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali atau paling tidak satu kali dalam 3 tahun. Dan dipastikan dalam proses pemeriksaan oleh tenaga medis tidak akan lama dan tidak sakit. Ada dua metode pemeriksaan kanker Serviks yaitu Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau IVA dan Pap Smear. Untuk IVA hasilnya dapat langsung diketahui sedangkan Pap Smear diuji melalui laboratorium di Jakarta yang hasilnya diberikan seminggu kemudian.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 10 Agustus 2017 berlokasi di Poliklinik Urkes Polres Malang. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 70 orang dari Polwan, PNS, dan Bhayangkari Jajaran Polres Malang. Kanker serviks dapat dicegah melalui pemeriksaan secara rutin dan berkala, sehingga bibit penyakit dapaf dideteksi secara awal.

Kanker serviks akan semakin sulit diobati jika sudah memasuki stadium lanjut, namun dapat diobati jika penyakit sudah dideteksi sejak awal.

Kedepannya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin oleh Urkes Polres Malang yang juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang dan Laboratorium Patimura Kota Malang. Pada HUT Polwan ke-69 tahun 2017 ini mengusung tema ”Deteksi Dini Kanker Serviks”. Hal ini adalah wujud implementasi dari kepedulian Polwan terhadap kesehatan. Dengan tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Sebelumnya Kasus meninggalnya Bocah SD di Taman, Pihak DKP Terkesan Selintutan.
Selanjutnya Residivis Curanmor R2 di Tangkap Polisi.