Wabup Irwan Inginkan Perayaan Imlek, Jadi Even Tahunan Beragam Budaya dan Seni Khas Bondowoso.
Foto: Wabup Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat didampingi Sekda dan Kadis Dikbud serta Kadis Pariwisata saat Sambutan Perayaan Imlek.

Wabup Irwan Inginkan Perayaan Imlek, Jadi Even Tahunan Beragam Budaya dan Seni Khas Bondowoso.

Laporan : Guido Saphan

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Perayaan Imlek yang digelar SDK Indra Siswa Bondowoso dalam bentuk Pawai Budaya Imlek 2019 pada Sabtu sore (9/2/2019) kemarin, menginisiasi Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rachmat.

Terbukti, pasangan Bupati Salwa Arifin ini akan menjadikan perayaan Imlek menjadi even tahunan beragam budaya dan seni Imlek di Bondowoso.

Wabup Irwan mengatakan, perayaan Imlek yang digelar SDK Indra Siswa Bondowoso dalam bentuk Pawai Budaya Imlek 2019 merupakan kegiatan positif dalam mendidik dan mengenalkan anak-anak tentang kebersamaan dalam keberagaman budaya dan seni.

”Karena itu, saya menginginkan Pemkab Bondowoso ambil bagian dalam perayaan Imlek dengan menjadikan even tahunan beragam budaya dan seni Imlek khas Bondowoso termasuk beragam kuliner,” katanya.

Dalam even beragam budaya dan seni Imlek khas Bondowoso itu, menurut Wabup Irwan, nantinya tidak hanya menampilkan budaya dan kesenian Tionghoa seperti Barogsai dan Naga Liang Liong saja.

Namun, dipadukan budaya dan kesenian khas Bondowoso seperti Singo Ulung, Musik Patrol, dan lainnya serta budaya daerah lain yang ada di Bondowoso. ”Saya ingin even ini mulai digelar tahun depan sebagai even tahunan Pemkab Bondowoso,” jelasnya.

Untuk itu, Wabup Irwan menyampaikan, akan mengalokasikan anggaran untuk even budaya dan seni Imlek pada APBD Bondowoso pada tahun depan. Suntikan dana APBD, ini agar even beragam budaya dan seni Imlek khas Bondowoso bisa menjadi destinisi wisata baru di Kota Tape-sebutan Bondowoso-.

”Nanti anggaran dari APBD bisa melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata,” ujar Wabup Irwan.

Anggota Komisi IV DPRD Bondowoso, Sinung  Sudrajat yang hadir dalam Pawai Budaya Imlek 2019 SDK Indra Siswa sangat mengapresiasi keinginan Wabup Irwan agar perayaan Imlek dijadikan even tahunan budaya dan seni Imlek khas Bondowoso. Karena, akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bondowoso.

”Terlebih, even ini nanti dikolaborasikan dengan budaya dan seni khas Bondowoso dan daerah lain, akan menjadi destinasi wisata baru. Oleh karena itu, nantinya segera dibentuk tim perumus, agar keinginan wabup digelar tahun depan bisa terwujud,” kata Sinung yang Caleg DPRD Bondowoso Nomor Urut 1 Dapil I dari PDIP.

Sebelumnya Diterpa Hujan Deras, Wabub Irwan Turut Ramaikan Pawai Imlek SDK Bondowoso.
Selanjutnya Kyai Bahri Bersama Aktivis La Nyalla Academia, Doakan Jokowi Tetap Jadi Presiden