Wakil Ketua DPC PDIP Bondowoso, Minta Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Invertarisasi Aset Daerah.
Foto: Bambang Suwito Politisi PDIP

Wakil Ketua DPC PDIP Bondowoso, Minta Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Invertarisasi Aset Daerah.

Laporan : Mahfud Susyanto.

BONDOWOSO,suara-publik.com - Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso, Bambang Suwito meminta Bupati dan Wakil Bupati terpilih, KH Salwa Arifin dan H Irwan Bachtiar Rahmat, untuk 100 hari kedepan setelah dilantik, untuk mendata semua aset daerah yang selama ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah.

Namun, dari berbagai adanya aset daerah perlu adanya kajian dengan melakukan identifikasi dan inventarisasi nilai dan potensi aset. Selain itu, membuka akses dengan mengembangkan sistem informasi manajemen aset, sehingga masyarakat dapat melakukan pengawasan dan pengendalian pemanfaatan aset.

"Dan tidak kalah penting adalah Pelibatan berbagai profesi yang terkait seperti auditor internal dan appraisal (penilai),"katanya.

Politisi PDI Perjuangan juga memaparkan rencana kerja yang akan di laksanakan pada pemerintahan Sabar nanti, dilakukan melalui tahapan secara sederhana, termasuk pengelolaan atas aset daerah meliputi tiga fungsi utama, yaitu adanya perencanaan yang tepat, sehingga benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Masyarakat jangan sampai dibuat kecewa, karena Bupati dan Wakil Bupati adalah harapan masyarakat,"tegasnya.

Lebih jauh Bambang mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan yang efisien dan efektif, tidak lepas dari adanya Pengawasan yang dilakukan secara kontinyu, sehingga Perencanaan program yang akan dilakukan harus memperhatikan kondisi daerah dimasa lalu.

"Nah, terkait dengan aset yang dibutuhkan untuk masa sekarang, dan perencanaan kebutuhan aset dimasa yang akan datang akan terus berubah, sesuai dengan tuntutan jaman,"ujarnya.

Bambang menambahkan, Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso terpilih nanti perlu menetapkan standar kekayaan minimum yang dimiliki daerah, hal itu dilakukan untuk dapat memenuhi cakupan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

"Untuk itu perlu adanya perencanaan strategis, baik yang sifatnya jangka pendek, menengah maupun jangka panjang mengenai pengelolaan aset daerah, perlu ditetapkanya indikator kinerja pengelolaan kekayaan daerah,"ungkapnya.

Sebelumnya Pembebasan Lahan Tol Probowangi Disosialisasikan.
Selanjutnya Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Ringkus Jambret Dibawah Umur.