Belum Kapok Curanmor, Residivis Eko Budiono Dituntut 18 Bulan Penjara
Foto: Terdakwa Eko Budiono, perkara Curanmor, menjalani sidang diruang Cakra, secara online, di PN.Surabaya, Selasa (16/02/2021).

Belum Kapok Curanmor, Residivis Eko Budiono Dituntut 18 Bulan Penjara

SURABAYA, (Suara Publik)- Eko Budiono, 44, di tuntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman selama setahun enam bulan penjara setelah melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan kafe Malaba Jalan Raya Klakah Rejo No.42, Surabaya.

Warga Graha Mitra Asri Blok A No.8, Surabaya itu merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama dan baru keluar penjara pada Agustus 2020. “Memohon kepada majelis hakim agar terdakwa Eko Budiono dihukum selama satu tahun enam bulan penjara,” kata JPU Darwis,SH, di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (16/02/2021).

Setelah dibacakan surat tuntutan tersebut, terdakwa memohon kepada majelis hakim agar hukuman tersebut diringankan. Ia mengaku menyesal telah merugikan orang lain, meskipun motor tersebut gagal dia curi. “Saya mohon keringanan yang mulia. Saya kapok dipenjara,” ucap Eko.

Eko mengaku pada saat itu butuh biaya untuk kehidupan sehari-hari. Pasalnya, setelah keluar dari penjara dirinya Ia tak kunjung mendapat pekerja. Hingga timbul niat jahat mencuri motor di kafe tersebut. “Habis keluar penjara pak, dihukum lima tahun. Belum sempat saya bawa kabur motornya, sudah dimasa warga,” ujar terdakwa memelas kepada hakim.

Setelah mendengarkan permohonannya, majelis hakim menunda persidangan putusan pada minggu depan untuk mempertimbangkan hukuman yang setimpal untuknya. “Baik sidang ditunda minggu depan. Kami musyawarahkan dulu ya,” kata majelis hakim.

Perbuatan terdakwa diatas sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 363 ayat (1) ke- 5 KUHP juncto pasal 53 ayat (1) KUHP tentang pencurian.

Sebelumnya Diiming-imingi Honda Jazz dan Honda Beat, Imam dan Masnin "Kurir 1 Kg Sabu" Diadili
Selanjutnya Jadi Kurir Sabu, Oknum Polisi Ini Dituntut 9 Tahun Penjara