Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, Hadiri Halal Bihalal dan Peresmian Masjid Al Mubarook Desa Mojosarirejo

Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, Hadiri Halal Bihalal dan Peresmian Masjid Al Mubarook Desa Mojosarirejo

Gresik, suara-publik.com - Bupati Gus Yani Dan Wabup Bu Min Hadiri Halal Bihalal dan Pengajian dalam rangka peresmian Mesjid Al Mubaarok dan Gedung TPA Al Mubaarok Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kamis malam (12/5).

Pada kesempatan ini, Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani ini menandatangani prasasti peresmian mesjid serta menaruh harapan bahwa lewat mesjid yang megah ini bisa membawa manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. 

Gus Yani menyinggung mengenai sejarah awal mula Halal Bihalal. Dikatakan bahwa Hatal Bihalal merupakan tradisi asli nusantara yang mana ini tidak ada di negara lain. 

“Halal Bihalal ini asli produk Indonesia, asli produk Islam Nusantara dalam rangka silaturahmi memohon maaf kepada sanak saudara. Pertama kali istilah ini dimulai sejak tahun 1948 dan ditulis oleh Mbah Wahab Hasbullah," terang Gus Yani. 

Pada waktu yang sama, Bu Min, begitu Wakil Bupati akrab disapa, mengajak hadirin untuk bersama-sama memakmurkan Mesjid. Karena menurutnya, salah satu ciri masjid yang makmur itu ketika jamaah salat lima waktunya semakin bertambah dan meningkat, serta sering adanya kegiatan seperti TPA dan lain sebagainya. 

“Kalau kita sudah punya Masjid yang semegah ini, mari kita tempati untuk Sholat berjamaah. Pun juga semua kegiatan keagamaan yang ada di Mojosarirejo ini mari kita pakai mesjid yang luar biasa ini," ujar Bu Min. 

Bu Min juga mengingatkan pentingnya lembaga pendidikan Al Quran seperti TPA bagi generasi penerus kita. Hal ini karena mengajarkan membaca Al Auran dengan baik kepada anak-anak generasi penerus sama dengan mempertahankan agama Islam. 

"Oleh karena itu monggo anak-anak diajak untuk belajar mengaji dan memperdalam agama. Sehingga mengerti hukumnya agama, bagaimana Sholat yang baik, bagaimana cara bersuci yang benar," kata Bu Min. 

Kepala Desa Mojosarirejo, Sukendah saat ditemui mengatakan jika kegiatan ini untuk menjalin silaturahim antar warga yang nantinya diharap bisa meningkatkan ketaatan semua masyarakat terhadap agama dan semakin aktif menghidupkan masjid. 

"InsyaAllah kegiatan ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat khususnya warga Mojosarirejo," Singkatnya. 

Acara Halal Bihalal dan Pengajian dalam rangka peresmian Mesjid Al Mubaarok dan Gedung TPA Al Mubaarok ini mengundang KH. Abdul Rokhim dari Demak sebagai penceramah ini dihadiri oteh banyak tokoh masyarakat diantaranya Ketua PCNU Gresik KH. Mulyadi, Camat Driyorejo Narto beserta Muspika, Anggota DPRD Dapil IV Driyorejo, serta jajaran pengurus MWCNU Driyorejo. (Im/why).

Sebelumnya Penasaran Koleksi Koran Kuno Langka Melegenda, Rombongan UIN KHAS Jember Kunjungi PERPUSTAKAAN STIKOSA-AWS
Selanjutnya PESAN 700 KARTON MINYAK GORENG, ANITA GASAK UANG TAGIHAN Rp. 152 JUTA, DIADILI