Dampak Buruk Sering Makan Mie Instan
Foto atas: Ilustrasi Makan Mie Instan. Foto bawah: Penulis Artikel.

Dampak Buruk Sering Makan Mie Instan

Mie instan menjadi salah satu jenis maknan yang di sukai banyak orang dan semua kalangan indonesia.karena membuat makanan ini sangat praktis dan harganya juga terjangkau. 

Mi instan yang mengandung banyak natrium bisa jadi cukup berbahaya bila dikonsumsi terlalu sering. Mi goreng mengandung 1070 miligram natrium. sedangkan Mi rebus mengandung natrium sebanyak 1330 miligram.

Padahal, menurut World Health Organization (WHO), jumlah kebutuhan natrium pada tubuh manusia adalah di bawah 2000 miligram. Selain natrium, kandungan lemak dan karbohidratnya pun cukup tinggi.

Jadi hal ini membuat mie instan tak baik dimakan terlalu sering. nah ini dampak dampak memakan mie instan terlalu sering .

1. Gagguan Pencernaan.

Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat. Bila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

2. Peyebab diabetes 

Kebanyakan makan mie instan juga bisa memicu diabetes. Mie diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa.

Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi mie instan sebanyak dua kali atau lebih dalam seminggu lebih rentan terkena sindrom metabolik.

Salah satu faktor pemicu sindrom metabolik adalah obesitas di bagian perut. Obesitas tadi erat kaitannya dengan kalori mie instan yang tinggi.

Sebagian besar orang dengan sindrom metabolik tidak mampu menghasilkan insulin. Padahal, insulin bekerja untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Jika tubuh kekurangan insulin, gula darah pun meningkat dan meningkatkan risiko diabetes tipe2. 

3. Berisiko Kanker

Mi instan memiliki bahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama sebelum mengonsumsinya. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker.

4. Gaggu Jadwal Menstruasi

Mi instan juga memiliki efek buruk bagi wanita jika dikonsumsi terus-menerus. Sodium yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu hormon yang menyebabkan jadwal bulanan wanita bisa terganggu. Hormon yang terganggu juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

5. Memicu Batu Ginjal.

Mi instan dapat memicu munculnya batu ginjal. Kandungan garam yang cukup tinggi pada mi ini dapat membantu pembentukan batu ginjal.

6. Menghambat Penyerapan Nutrisi.

Mi instan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menyebabkan sangat disarankan untuk anak-anak untuk tidak mengonsumsi mi instan karena tidak baik untuk pertumbuhan anak.

Penulis : Fitania Nawal.

100%

AnanditaProdi D3 keperawatan

Akademi Keperawatan Hermina Manggala Husada

 

 

Sebelumnya Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kecamatan Bungah, Sita 2,65 Gram Sabu Siap Edar
Selanjutnya Gadaikan Inova Rp 45 Juta Karena Tidak Mampu Bayar Cicilan, Mobil Hilang Kun Cahyo Diadili