DITANGKAP DENGAN BB- 9 POKET SABU DAN 2 PIPET KACA BERISI SABU, DIDAKWA BUKAN SEBAGAI PENGEDAR, ISMAIL DAN SAMSUL ARIFIN DIVONIS 3 TAHUN PENJARA.
  
DITANGKAP DENGAN BB- 9 POKET SABU DAN 2 PIPET KACA BERISI SABU, DIDAKWA BUKAN SEBAGAI PENGEDAR, ISMAIL DAN SAMSUL ARIFIN DIVONIS 3 TAHUN PENJARA.
Foto: Tampak suasana sidang perkara narkotika jenis sabu, dengan terdakwa Ismail dan terdakwa Samsul Arifin, diruang Candra PN Surabaya, secara Vidio call.

DITANGKAP DENGAN BB- 9 POKET SABU DAN 2 PIPET KACA BERISI SABU, DIDAKWA BUKAN SEBAGAI PENGEDAR, ISMAIL DAN SAMSUL ARIFIN DIVONIS 3 TAHUN PENJARA.

Surabaya, suara publik - Sidang perkara Penyalahgunaan Narkotika jenis sabu sebanyak 9 poket, dan pipet kaca berisi sabu dengan berat kotor 6,02 gram, BB tersebut didapatkan polisi saat dilakukan penangkapan terhadap terdakwa I Ismail Bin H. Musleh dan Terdakwa II Samsul Arifin Bin Semiyanto bersama terdakwa Moch. Erwin Salam Bin Moch. Rafi (Alm) (Dalam Berkas Perkara terpisah dengan BB- 2,41 gram).

Sidang dengan agenda pembacaan putusan oleh hakim Martin Ginting, Mengadili, Menyatakan Terdakwa I. Ismail Bin H. Musleh dan Terdakwa II. Samsul Arifin Bin Semiyanto, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Secara bersama-sama menyalahgunakan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri“ sebagaimana diatur dan diancam 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dakwaan alternatif ketiga JPU Furkon Hadi Hermawan dari Kejari Surabaya.

Menjatuhkan pidana terhadap Ismail dan Samsul Arifin dengan pidana penjara masing-masing selama 3 Tahun, Dikurangkan seluruhnya selama terdakwa dalam tahanan, Menetapkan Para Terdakwa tetap dalam tahanan, Kamis (16/12/2021).

Menetapkan barang bukti berupa,

1 pipet kaca berisi sisa sabu berat brutto 3,17 gram.

1 pipet kaca berisi sisa sabu berat brutto 2,85 gram.

1 poket sabu brutto 0,53 gram.

1 poket sabu brutto 0,38 gram.

1 seperangkat alat hisap. 

1Hp merk Oppo milik terdakwa Ismail.

1 poket sabu dengan brutto 0,50 gram.

1 poket sabu dengan brutto 0,49 gram.

1 poket sabu dengan brutto 0,42 gram.

1 poket sabu dengan brutto 0,40 gram.

1 poket sabu dengan brutto 0,37 gram.

1 poket sabu dengan brutto 0,61 gram. Dirampas untuk dimusnahkan.

Sebelum agenda putusan hakim, jaksa Furkon telah menuntut kedua terdakwa Ismail dan Samsul Arifin dengan tuntutan 3 tahun penjara (Conform) dengan putusan majelis hakim.

Terhadap putusan hakim, para terdakwa menyatakan menerima, demikian Jaksa juga menerima.

Sementara untuk terdakwa Erwin Salam ( berkas terpisah), pemilik BB sabu seberat 2,41 gram, oleh Majelis Hakim telah pula diputus dengan pidana penjara selama 4 tahun penjara, dan denda Rp. 1,2 Miliar, subsider 2 bulan Kurungan, dengan tuntutan jaksa pidana penjara selama 5 tahun. Terdakwa Erwin Salam menyatakan menerima.

Berawal pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021 wib.terdakwa Ismail, Samsul Arifin sepakat beli sabu kepada Ayat (DPO), dengan harga 1 juta, cara patungan masing- masing 500 ribuan. Selanjutnya para terdakwa pulang ke rumah kontrakan Kali Butuh Timur gang langgar/1A Bubutan Surabaya, sabu dibagi dua poket dengan berat yang sama.

Terdakwa Moch.Erwin Salam meminta tolong kepada kedua terdakwa untuk membelikan sabu seharga 2 juta. Selanjutnya ketiganya menemui Ayat (DPO), dan terdakwa Ismail menyerahkan uang 2 juta kepada Ayat (DPO), sementara Samsul Arifin dan Erwin menunggu diwarung.

Tidak lama terdakwa Ismail membawa 2 gram sabu dan diserahkan ke Moch.Erwin Salam.

Selanjutnya saksi Ratno, saksi Wawan dari Kepolisian, pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021 sekira pukul 10.00 wib, melakukan penangkapan kepada para terdakwa di kontrakannya jalan Kali Butuh Timur gang langgar/1A Bubutan Surabaya,

Dilakukan penggeledahan para terdakwa ditemukan : 

1 poket sabu seberat 2,41 gram, 

1 pipet kaca berisi sabu dengan berat 3,17 gram, 

1 pipet kaca berisi sabu dengan berat 2,85 gram, 

1 poket sabu sebarat 0,53 gram, 

1 poket sabu seberat 0,38 gram, 

1 poket sabu seberat 0,50 gram, 

1 poket sabu seberat 0,49 gram,

1 poket sabu seberat 0,42 gram,

1 poket sabu seberat 0,40 gram,

1 poket sabu seberat 0,37 gram,

1 poket sabu seberat 0,61 gram. (Sam)

Sebelumnya KHOIRUR KURIR SABU 20 GRAM, DIBUI 8 TAHUN, DENDA Rp. 4 MILIAR. NYATAKAN BANDING.
Selanjutnya TERBUKTI BERSALAH ANIAYA PEMBANTU HINGGA LUKA MEMBEKAS, PENGACARA FIRDAUS FAIRUS DIBUI 27 BULAN, DENDA Rp. 25 JUTA.