Manfaat dan Dampak Tidur Siang Untuk Kesehatan, Yang Jarang Diketahui
Foto IST: Ilustrasi Tidur Siang. Foto bawah: Penulis Artikel.

Manfaat dan Dampak Tidur Siang Untuk Kesehatan, Yang Jarang Diketahui

Siapa sih yang tidak pernah merasakan tidur siang? Kegiatan ini pasti pernah kita lakukan apalagi saat masih kanak-kanak. Tetapi aktivitas yang padat kerap membuat tidur siang terlewatkan, padahal tidur siang sangat berguna untuk kesehatan fisik, mental, dan pikiran

Menurut penelitian, tidur siang 30 menit lebih efektif mengatasi kelelahan dibandingkan menambah jam tidur pada malam hari.

Apa saja manfaat tidur siang

1.  Meningkatkan Konsentrasi.

Riset menyebutkan bahwa tidur siang yang cukup dapan meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah ke otak. Tidur siang selama 15-30 menit akan membuat kita lebih segar, fokus, dan produktif

2.  Meningkatkan Kesabaran.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan berikutnya, yakni membuat diri menjadi lebih sabar. Hal ini di buktikan oleh penelitian dari Unversitas Michigan, Amerika Serikat, melalui perbandingan antara dua kelompok.

Keduanya mendapat tugas mengerjakan desain geometris yang berat di komputer. Hasil yang diperoleh kelompok yang tidur siang bisa bertahan sekitar 90 detik. Dibandingkan dengan peserta lain yang tidak tidur siang, hanya bisa bertahan 45 detik.

3.  Mencegah Sakit Jantung dan Stroke.

Manfaat tidur siang untuk kesehatan lainnya yakni membantu mencegah serangan jantung, hingga stroke. Memberi waktu pada jantung anda sekitar 20 hingga 40 menit setiap harinya untuk tidur siang, sangat baik untuk menjaga kesehatannya. Membiarkan jantung bekerja hingga terlalu lelah, berdegup kencang, akan membuat jantung mudah sakit.

4.  Meningkatkan Produktivitas.

Vincent Walsh, seseorang Neurologgis dari University College London, menyebutkan bahwa tidur siang adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak sejenak. Menurutnya, kebiasaan menumpuk tidur di malam hari dan melewatkan tidur siang adalah kebiasaan yang harus dihindari.

5.  Memperbaiki Suasana Hati

Tubuh yang lelah dan mata mengantuk bisa memperburuk suasana hati, lebih mudah tersinggung dan marah. Hal ini tentu menimbulkan dampak suasana anda dengan rekan kerja anda, bukan. Supaya suasana hati kembali membaik, anda bisa meluangkan waktu sebentar tidur siang untuk mengusir rasa lelah dan kantuk

Meskipun bermanfaat, penelitian juga menunjukan bahaya tidur siang terlalu lama. Tidur siang memiliki banyak manfaat, namun bila dilakukan secara berlebihan hingga berjam-jam setiap harinya, juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Ini bahaya tidur siang terlalu lama

1.  Susah Tidur di Malam Hari

Efek yang pertama yaitu kamu akan mengalami kesulitan tidur dimalam hari. Hal ini dikarenakan tubuh sudah merasa lebih segar dan tak mengantuk pada malam hari, sebab kamu sudah tidur terlalu lama disiang hari. Jika dilakukan terus menerus akan berpengharuh buruk bagi kesehatan tubuh.

2.  Sakit Kepala.

Kondisi ini mungkin saja cepat hilang, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi selama berhari-hari. Efek domino yang kamu rasakan setelah bangun dapat mempengaruhi mood kamu.

3.  Penyakit Jantung

Para peneliti juga menunjukkan hasil bahwa tidur siang lebih dari 1jam akan meningkatkan resiko terkena penyakin jantung sebanyak 82% dan, meningkatkan resiko kematian sebanyak 27%.

4.  Gangguan Mental

Depresi sering kali bisa menyebabkan penderitanya mengalami insomnia. Akan tetapi, sebagian penderita depresi justru juga ada yang mengalami gangguan tidur berlebihan. Jika tidak diobati maka akan membuat gangguan depresi semakin parah. Selain itu, tidur terlalu lama juga beresiko membuat seseorang mengalami kecemasan berlebihan, sulit konsentrasi, berkurangnya daya ingat atau gangguan memori, dan mudah lelah.

5.  Sakit Punggung.

Sakit punggung umumnya dialami ketika anda tidur terlalu lama dengan posisi tidur yang sama, terutama posisi telentang. Hal tersebut dapat membuat tulang punggung terasa kaku dan kerap menimbulkan nyeri

Jadi, patuhi aturan tidur siang yang sehat.

Agar tidak menimbulkan masalah ikuti aturan tidur berikut ini.

1.  Pastikan suasana tidur mendukung.

Suasana tidur siang tidak berbeda jauh dengan tidur di malam hari, yakni tempat tenang, dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising. Kemudian, setelah bangun, jangan buru-buru beraktivitas lagi, dikarenakan dapat membuat sakit kepala, uring-uringan, dan tidak enak badan. Sebaiknya jeda beberapa menit sampai merasa segar lagi.

2.  Jangan tidur terlalu lama.

Durasi tidur yang terlalu lama bisa membuat kepala anda pusing yang biasa disebut sleep internia. Tidur siang selama 10 hingga 30 menit merupakan durasi yang paling ideal. Kadang-kadang ini disebut sebagai power naps karena memberikan manfaat tanpa menyebabkan kantuk sesudahnya. Supaya tidak kebablasan, pasang alarm atau meminta bantuan orang lain untuk membangunkan.

3.  Pantang tidur lebih dari jam tiga sore.

Usahakan untuk tidur dibawah jam tiga sore. Tidur terlalu sore dapat merusak jam tidur anda pada malam hari, terlebih jika tidur sore dalam durasi yang lama. Bisa dipastikan jadwal tidur malam akan terganggu. Idealnya, pilih waktu tidur siang yang singkat pada pertengahan hari

 

Penulis: Fanny Yuliana.

100

Akademi Keperawatan Hermina Manggala Husada.

Sebelumnya Tips Kapolres Gresik, Bagi Pengendara Saat Musim Hujan
Selanjutnya Tips Solusi Menjawab Pertanyaan Yang Tidak Kamu Ketahui dan Mengatasi Grogi Saat Presentasi Online