Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh, Serta Dampak Jika Tubuh Kekurangan Air
Foto atas: Ilustrasi minum air. Foto bawah: Penulis Artikel

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh, Serta Dampak Jika Tubuh Kekurangan Air

Air minum merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia, terutama kesehatan. Jika Anda tidak minum air secara teratur, tubuh anda akan mengalami dehidrasi.

Selain itu, tubuh manusia juga mudah terserang penyakit lain akibat kekurangan cairan. Air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Persyaratan kesehatan adalah mikrobiologi, kimia, fisika, dan radioaktivitas.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan air minum Yang Netral warnanya, bau dan rasa serta bebas mikroorganisme berbahaya dan logam berat. Salah satu peraturan tersebut menyatakan bahwa air minum tidak boleh mengandung bakteri coliform.

Khasiat Air Putih Bagi Kesehatan.  

Manfaat air putih bagi tubuh manusia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa manfaat air murni, yang secara tak terduga memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup manusia.  

1. Meredakan dehidrasi dan rasa haus

2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari air. Minum banyak air membantu menjaga keseimbangan air tubuh, meningkatkan pergerakan nutrisi ke seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, dan meningkatkan pencernaan makanan.

3. Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan

4. Meningkatkan energi

5. Membantu mengeluarkan racun

Bagaimana anda bisa berkeringat dan buang air kecil tanpa bantuan air? Padahal kedua proses tersebut merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk menghilangkan racun. Air membantu menghilangkan keringat dan mengurangi risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.  

6. Membuat kulit halus dan bercahaya.

Minum air yang cukup dapat melembabkan kulit dan membuatnya segar, lembut dan bercahaya dan halus.  

7. Mempertahankan Fungsi Ginjal.

Perlu anda ketahui bahwa ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring produk-produk limbah dan mentransfer urin ke kandung kemih. Namun, ginjal membutuhkan air yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Air adalah kunci/senjata utama.

8. Peningkatan produktivitas

9. Pencegahan penuaan dini

10. Mengembalikan mood / mood booster dll.

Tips agar membutuhkan air putih lebih banyak   

Apa yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan cukup air setiap hari?  

1. Saat berolahraga, anda pasti perlu minum lebih banyak.

2. Bawalah botol air ke mana pun anda berada.

3. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya air .

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana anda kehilangan lebih banyak air daripada yang diserap tubuh anda. Ini mengganggu keseimbangan antara gula dan garam dan mencegah tubuh berfungsi dengan baik.  

Tanda-tanda awal dehidrasi adalah:  

• Haus dan pusing

• Mulut dan kulit kering

• Kelelahan

• Jarang buang air kecil

• Air seni berwarna gelap, bau menyengat

Bahaya kekurangan air.

1. Ketidakseimbangan antara air dan elektrolit

Ketika tubuh mengalami dehidrasi karena terlalu sedikit minum, tubuh kehilangan air lebih cepat daripada elektrolit. Akibatnya, elektrolit bisa menjadi tidak seimbang, menyebabkan kejang otot, kelemahan, dan aritmia.  

Tergantung pada tingkat dehidrasi, kehilangan air saja dapat menyebabkan rasa haus yang parah, kehilangan rasa, dan malaise. menyebabkan konsentrasi yang buruk, tremor berlebihan, kantuk, muntah, dan ketidakstabilan emosional. Elektrolit berperan penting dalam menjaga fungsi jaringan, termasuk peran natrium dalam transmisi saraf, sehingga menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dengan mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh.  

2. Memicu Penyakit Kronis Seperti Diabetes.

Menurut Ivan Task, pakar kesehatan minum internasional di Universitas Prancis Paul Sabatier, dehidrasi akibat kekurangan air minum dapat memicu berkembangnya penyakit kronis seperti diabetes.  

Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Lisa Banker dari French National Institute, orang dewasa yang mengonsumsi lebih sedikit air daripada yang dibutuhkan tubuh dapat mengalami lonjakan gula darah dan mencapai pradiabetes.  

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon vasopresin, hormon antidiuretik yang mengontrol retensi air dalam tubuh. Peningkatan hormon vasopresin mempengaruhi peningkatan kadar gula darah.  

3. Efek buruk pada ginjal.

Bahaya berikutnya dari kekurangan air adalah efek buruk pada ginjal. Ini karena ketika Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan alkohol, ginjal Anda menjadi sulit untuk bekerja, sisa metabolisme tubuh Anda terhambat, dan tidak dikeluarkan dengan benar dari saluran kemih.  

Selain itu, Ivan Task, pakar kesehatan minum internasional, mengatakan bahwa ketika dehidrasi, tubuh melepaskan hormon vasopresin, yang menyebabkan peningkatan hormon stres kortisol, yang menyebabkan peradangan kronis jangka panjang. Akibatnya, dalam jangka panjang, tubuh Anda bisa mengalami gagal ginjal, menghasilkan batu ginjal, dan bahkan mengalami infeksi saluran kemih.  

4. Hipovolemia. 

Bahaya berikutnya adalah penurunan volume cairan ekstraseluler. Hipovolemia terjadi ketika cairan yang bocor isotonik, yaitu ketika air dan natrium dilepaskan secara proporsional. Akibatnya, osmolalitas plasma tidak berubah atau kadar natrium plasma tetap normal. Hipovolemia, juga dikenal sebagai penipisan volume, biasanya terjadi dengan perdarahan dan diare.

5. Gangguan Sendi.

Air berperan sebagai pelumas atau cairan sinovial yang memungkinkan persendian dapat bergerak dengan baik dan mengurangi gesekan antar persendian. Konsumsi air perlu ditambah untuk mencegah tulang saling bergesekan dan memungkinkan tubuh untuk bebas berpartisipasi dalam aktivitas fisik seperti berlari dan melompat.

6. Menghalangi proses pemulihan penyakit.

Banyak ahli telah menetapkan bahwa organ manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri saat sakit. Namun, asupan cairan yang rendah mengganggu fungsi organ tubuh. Akibatnya organ tubuh tidak maksimal mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan akhirnya mengganggu proses penyembuhan dari penyakit tersebut. 

 

Penulis: Tiara Sadrina.

100%

MAHASISWI AKADEMIK KEPERAWATAN HERMINA MANGGALA HUSADA

Sebelumnya Jual Plasma Darah Konsvalen Pada Pasien Covid, 3 Orang Ini Diadili
Selanjutnya Sehat Dengan Mengkonsumsi Buah-buahan