Masa Pandemi, Strategi Ekselerasi Agen Pos Bagi KUKM

Masa Pandemi, Strategi Ekselerasi Agen Pos Bagi KUKM

SURABAYA, (suara-publik.com) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Provinsi Jawa Timur, beberapa waktu lalu, menunjukkan strategi nya dalam mengembangkan KUKM. Upaya ini dilakukan untuk menyiasati dalam menghadapi pandemi covid-19 yang masih belum hilang. 

Sekretaris Dinas, Andrio Himawan Wahyu Aji, mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, menngelar rapat secara daring yang bertema, Strategi Akselerasi Agen Pos bagi KUKM. 

Dalam daring tersebut, dihadiri Deputi Eksekutif Vice President Kantor Regional V PT. Pos Indonesia (Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara), Agus Ari Wibowo. Manajer Pengelolaan Agen Pos, Anang Irwansyah dan Perwakilan Bidang dan UPT Pelatihan serta tenaga ahli di lingkungan Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim.

Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama Tahun 2020 antara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan PT. Pos Indonesia Kantor Regional V tentang Fasilitasi Pemberdayaan Koperasi dan UKM dengan Memanfaatkan Jasa Layanan Pos untuk Percepatan Pembangunan di Jawa Timur. 

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyusun strategi akselerasi Agen Pos sebagai pilihan bagi Koperasi dan UMKM dalam melakukan diversifikasi usaha di masa pandemi Covid-19," ujar Andrio, seperti di kutip diskopukm.jatimprov.go.id

Menurutnya, ruang lingkup kerja sama meliputi, Pelayanan Jasa Keuangan, Pelayanan Jasa Kurir dan Logistik, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Pelayanan Jasa lainnya.

"Semoga bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama," paparnya. 

Disisi lain, M. Anang Irwansyah selaku Manajer Pengelolaan Agen Pos Kantor Regional V mengatakan, bahwa Agen pos adalah Pola Kemitraan antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan Perorangan atau Badan Usaha dalam rangka pengembangan partnership sales dengan bentuk Agenpos Outlet, Agenpos Mobile dan Agenpos Business to Business. 

"Sedangkan POJOK KUKM saat ini masih tersedia di PT Pos Indonesia Pacitan," kata Anang. 

"Harapan bersama bahwa Agen Pos sebagai pilihan bagi Koperasi dan UMKM dalam melakukan diversifikasi usaha di masa pandemi Covid-19 dapat terwujud dengan lebih baik lagi," pungkas nya. (Red)

Sebelumnya Berkat Sinergitas Semua Pihak, Trend Covid-19 Menurun, Kapolres Gresik: Jangan Sampai Terlena
Selanjutnya Viral, Poster Korlap Aksi Menolak Pilkades 2025 Sampang, Hilang Tanpa Jejak