Musrenbang Provinsi Jatim 2023, Ini Tujuh Prioritas Pembangunan Jatim Tahun 2023

Musrenbang Provinsi Jatim 2023, Ini Tujuh Prioritas Pembangunan Jatim Tahun 2023

Gresik, suara-publik.com - Hari ini, Selasa (19/04), Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah atau yang akrab disapa Bu Min, mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2023. 

Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pembangunan dan isu-isu strategis beserta arah kebijakan yang akan dijalankan Provinsi Jatim tahun 2023. 

Musrenbang ini sekaligus menjadi wadah untuk mencapai kesepakatan dan pembentukan komitmen antar stakeholder dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah di Provinsi Jawa Timur. 

Selain Bu Min yang mewakili Kabupaten Gresik, kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah ini diikuti oleh 31 Kabupaten/Kota lain yang ada di Jatim. Dari unsur organisasi masyarakat dan akademisi juga diundang untuk bersama-sama memberikan masukan untuk pembangunan di Jatim. 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya saat membuka kegiatan, memaparkan tujuh prioritas pembangunan Jatim 2023. Ketujuh prioritas tersebut menurut gubernur sudah diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) nasional 2023. Tujuh prioritas pembangunan Jatim pada 2023 antara lain, Pemulihan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan nilai tambah sektor sekunder dan pariwisata, penguatan konektivitas antar wilayah dalam upaya pemerataan hasil pembangunan serta peningkatan layanan infrastruktur. 

Berikutnya, peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, produktifitas dan daya saing ketenagakerjaan serta pengentasan kemiskinan, peningkatan kepedulian sosial dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal. peningkatan kemandirian pangan dan pengelolaan sumberdaya energi, peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup, dan terakhir adalah peningkatan ketentraman dan ketertiban umum serta peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Jawa Timur. 

Satu hal yang membanggakan, w, dalam paparan yang disampaikan Gubernur Khofifah, Kabupaten Gresik merupakan salah satu penyumbang investasi terbesar di Jatim tahun 2021. Kabupaten Gresik tercatat menyumbang 3,6 triliun atau sebesar 20,274 dari total investasi di Jatim. (Im)

Sebelumnya Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pertashop Desa Punduttrate
Selanjutnya Safari Ramadhan, Dinsos Jatim Terima Bantuan 500 Paket Sembako dari SKK MIGAS dan KKKS Jabanusa Untuk Anak Yatim dan Kaum Dhuafa