Pelindo III Tanjung Perak Salurkan Dana PKBL Rp.1,485 M

Pelindo III Tanjung Perak Salurkan Dana PKBL Rp.1,485 M

SURABAYA- Kembali, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III cabang Tanjung Perak menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sejumlah Rp. 1, 485 milyar. Dana PKBL ini merupakan penyaluran tahap ke II di tahun 2011 atau bentuk realisasi ke 18 sejak tahun 2003 yang  diberikan pada 59 mitra binaan diwilayah Jawa Timur.

“Untuk Tahun 2011, penyaluran dana mitra binaan ini merupakan tahap yang ke II atau yang ke 18 sejak tahun 2003. Adapun jumlah penyaluran dana kemitraan saat ini sebesar satu milyar empat ratus delapan puluh lima juta. Kita memberikan bantuan tersebut kepada 59 mitra binaan di seluruh jawa timur yang lolos seleksi dengan tetap memperhatikan dasar-dasar 4P5C yaitu personality, purpose, prospect, payment dan character, capacity, capital, collateral, condition,” papar Manager Keuangan Pelindo cabang Tanjung Perak, Mulya Dharma Lubis saat memberikan laporannya, Kamis (22/9).
Sementara General Manager PT. Pelindo III Tanjung Perak, I Putu Ariawan menjelaskan, pihaknya sebagai BUMN wajib menyisihkan laba untuk menyalurkan dana PKBL yang diperuntukkan pada usaha kecil menengah. “Kami harap pinjaman bunga lunak tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan jadilah pengusaha yang jujur. Selain itu, kami juga mengikutkan hasil prodak unggulan ke pameran atau event nasional maupun internasional,” ujarnya.

Diketahui, PKBL diselenggarakan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar dengan tujuan membantu pengusaha kecil dalam mengelola usahanya agar dapat berkembang dan mandiri, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan serta menciptakan kondisi lingkungan kondusif disekitar wilayah kerja Pelindo III (Persero) cabang Tanjung Perak.

PKBL yang diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : PER-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007. Sumber dana tersebut disisihkan dari keuntungan perusahaan sebesar 2 % setiap tahunnya. Melalui penyaluran diantaranya, (1). Pendidikan/Pelatihan Kewirausahaan, manajemen usaha dan pelatihan lanjutan. (2). Pemasaran melalui pameran dan promosi hasil produksi.

Adapun penyaluran dana kemitraan tersebut meliputi wilayah: Surabaya sebanyak 24 mitra binaan, Sidoarjo sebanyak 9 mitra binaan, Mojokerto 1 mitra binaan, Pasuruan 5 mitra binaan, Malang 1 mitra binaan, Jombang 2 mitra binaan, Kediri 9 mitra binaan, Ngawi 1 mitra binaan, Trenggalek 2 mitra binaan, Magetan 2 mitra binaan, Bangkalan 1 mitra binaan, Sumenep 1 mitra binaan, Lamongan 1 mitra binaan. Total kesemuanya 59 mitra binaan yang bergerak di sektor perdagangan, jasa, perindustrian, perkebunan dan peternakan.     dra

Sebelumnya Dirut Pelindo III : Menang Dengan Sportivitas & Semangat Kebersamaan
Selanjutnya Jambret Kusuma Bangsa di Hadiahi Timah Panas