Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Dalam Kehidupan Sehari-hari
Foto atas: Ilustrasi Orang Menjaga Kesehatan. Foto bawah: Penulis Artikel.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Tubuh?

Sebenarnya menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit. Hal yang perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat yang cukup, menjaga pola makan, dan olahraga secara teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh tentu berkaitan dengan pola hidup sehat. Beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda bisa lakukan yaitu :

• Konsumsi makanan bergizi dan sehat

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, sudah tidak asing lagi tentang makanan dengan gizi seimbang di kehidupan sehari-hari. Makanan gizi seimbang (4 sehat 5 sempurna).

Apa Sih yang Dimaksud Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan bergizi banyak di temui di mana pun. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu sebagai nutrisi tambahan.

• Olahraga secara teratur

Menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah olahraga secara teratur. Orang dengan berat badan normal harus berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Agar berat bada tetap terjaga, kamu bisa tetap berpedoman pada dosis 150 menit per Minggu untuk olahraga sedang dan 75 menit per Minggu untuk olahraga berat.

• Istirahat yang cukup

Jam tidur yang cukup dibutuhkan oleh setiap orang. Tidur yang cukup bagi orang dewasa yaitu 7-8 jam. Jika kamu bisa melakukan tidur yang cukup secara terus-menerus maka kualitas tidur menjadi lebih baik karena kamu tidur dengan lelap. Istirahat yang cukup merupakan kunci supaya mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, bagi kamu yang suka begadang mulai dari sekarang sebaiknya dikurangi.

Selain memenuhi waktu istirahat yang cukup (8 jam), kamu perlu tidur dan bangun secara teratur. Dengan kata lain, setiap hari diusahakan tidur dan bangun di waktu dan jam yang sudah ditentukan.

• Memperbanyak minum air putih

Sebagian besar dari kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita sering sekali kekurangan minum air setiap hari. Ini tentu hal yang tidak baik bagi tubuh kita, sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air untuk tubuh kita.

Umumnya kita perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air. Atau setidaknya kita minum 8 gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Mengapa Kita Harus Minum Air Putih pada Pagi Hari?

Sepertinya yang semua kita rasakan, air putih memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya berguna sebagai penghilang rasa haus, air putih adalah penopang tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Lebih dari 70 persen, tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, idealnya manusia minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 hingga 10 gelas setiap harinya.

Namun , belum banyak yang menyadari bahwa mengonsumsi air putih setelah bangun pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hidup Sehat itu Mudah, Kuncinya Disiplin

Sehat itu mahal, jika sakit apa pun yang kita punya bisa habis terjuak buat berobat, oleh karena itu jika kita ingin berhemat, maka jalani saja pola hidup sehat. Hidup sehat sangat sederhana. Kita tinggal mengikuti saja cara menjaga kesehatan seperti uraian di atas. Jika disiplin dalam menjalankannya, selain hemat biaya, kesehatan kita juga akan terjaga. Karena Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ada nilai harganya.

Jagalah kesehatan sebelum datang penyakit. Tidak ada penyesalan datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan.

Penulis : Surotul A’yun

100%

Mahasiswi Akademik Keperawatan Hermina Manggala Husada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelumnya Tergiur Upah Jual Sabu Sebesar Rp 200 Ribu, Sofyan Dituntut 5,5 Tahun Penjara
Selanjutnya Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kecamatan Bungah, Sita 2,65 Gram Sabu Siap Edar