Tips Solusi Menjawab Pertanyaan Yang Tidak Kamu Ketahui dan Mengatasi Grogi Saat Presentasi Online
Foto atas: Ilustrasi Presentasi. Foto bawah: Penulis Artikel.

Tips Solusi Menjawab Pertanyaan Yang Tidak Kamu Ketahui dan Mengatasi Grogi Saat Presentasi Online

Selama masa pandemi mahasiswa dan mahasiswi menggunakan aplikasi belajar secara daring melalui zoom ataupun google meet. Terkadang mahasiswa ditugaskan untuk mencari materi yang akan dibahas berbentuk ppt, lalu di presentasikan. 

Tidak semua individu memiliki publik speaking dan kepercayaan diri yang baik. Lalu bagaimana tips mengatasi grogi dan solusi menjawab pertanyaan yang tidak kamu ketahui ? 

Berikut saya akan membagi tips mengatasi grogi selama saya belajar secara daring, agar kamu lebih percaya diri dan presentasi lancar. 

- Percaya diri

Terapkan dalam pikiran kamu bahwa kamu bisa untuk melakukan nya.

- Berpikir positif

Berpikir positif akan menghasilkan sesuatu yang baik, jangan menerapkan dalam pikiran kamu bahwa kamu tidak bisa, itu akan membuat diri kamu grogi. Berpikirlah bahwa kamu sedang berbicara dengan teman mu, teman mu bertanya lalu kamu menjawab. 

- Persiapan dan latihan

Persiapan dengan penyusunan dan pemahaman materi yang akan dibahas, kamu bisa melatih diri kamu berbicara didepan kaca seakan-akan kamu sedang berbicara didepan audience.

- Tenangkan dirimu

Kamu bisa menenangkan dirimu dengan minum segelas air putih terlebih dahulu, mendengar musik kesukaan mu, berbicara secukupnya, tarik nafas dari hidung pelan dan sampai maksimal, kemudian keluarkan.

- Perkatakan hal baik pada diri sendiri

Berkata bahwa kamu pasti bisa melakukan ini dengan baik, karena jika kita ingin melakukan sesuatu harus di terapkan dalam diri terlebih dahulu bahwa kita yakin presentasi tersebut akan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

- Perlambat tempo dalam berbicara

Jangan berbicara secara terburu-buru, perlambat tempo sambil menyusun kata-kata yang sesuai hingga audience paham terhadap materi yang disampaikan. Berbicara santai juga dapat mengatasi grogi karena pikiran lebih tenang dan tertata. 

- Buang pikiran ingin cepat selesai presentasi.

Ketika presentasi buang jauh pikiran ingin cepat selesai presentasi, buat dirimu lebih rileks dengan santai pembawaan materi. Karena jika ingin cepat selesai, kamu akan sulit untuk menyusun kata-kata yang akan disampaikan dan dirimu akan ngeblank sehingga audience tidak paham apa yang kamu sampaikan. 

- Pegang sesuatu barang disekitar kamu.

Misalnya pulpen, pensil, ataupun botol minum, pegang sekuat atau sekeras mungkin sehingga kamu menyalurkan rasa emosi kamu ke benda tersebut.

SOLUSI MENJAWAB PERTANYAAN YANG TIDAK KAMU KETAHUI.

- Delay

Baik, terima kasih atas pertanyaan nya. Namun, maaf kami simpan dahulu pertanyaan nya karena kami akan mendiskusikan terlebih dahulu sehingga mendapatkan jawaban yang akurat. Baik, bisa dilanjutkan untuk pertanyaan selanjutnya.

- Deflect

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaannya cukup menarik. Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin tahu : " kira-kira apa pendapat anda tentang ini atau materi yang dibahas ".

- Dismiss (pertanyaan diluar konteks)

Terima kasih atas pertanyaannya. Namun maaf menurut saya pertanyaannya anda kurang relevan atau kurang tepat dengan penyampaian materi yang saya bahas hari ini.

- Terima kasih atas pertanyaannya. Namun, untuk saat ini saya belum bisa menjawabnya. Tetapi, saya akan mencari tahu lebih dalam lagi setelah presentasi dan saya akan memberitahukan Anda

- Terima kasih atas pertanyaannya. Tetapi, harap diingat mungkin jawaban dari saya belum pasti. Karena, sejujurnya saya belum pasti benar atau tidak. Namun kira-kira seperti ini.... ( Menjawab pertanyaan dari jawaban yang menurut kamu belum pasti kebenarannya ).

 

Penulis :Ergy Welas Aniendhita

100%

Prodi D3 Keperawatan

Akademi Keperawatan Hermina Manggala Husada

Sebelumnya Manfaat dan Dampak Tidur Siang Untuk Kesehatan, Yang Jarang Diketahui
Selanjutnya Manfaat Yogurt Bagi Kecantikan Wanita