suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Bertahun-tahun Jalan Rusak, Dinas PUTR Lamongan Tutup Mata, Kades Sumberdadi Rela Uruk Jalan Pakai Dana Pribadi

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

LAMONGAN, (suara publik.com) -  Lantaran terlalu lama menunggu perbaikan jalan rusak di Desa Sumberdadi, Kepala Desa Sumberdadi rela merogoh kocek dana pribadi untuk menguruk jalan yang rusak tersebut.

Padahal, berkali-kali warga sudah melaporkan pada Dinas PUTR (Pengendalian Umum dan Tata Ruang) Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Pemerintah Desa Sumberdadi namun, belum ada tindakannya. Kesan tutup mata Dinas PUTR Lamongan tersebut membuat Kades Sumberdadi ambil langkah cepat.

Dari pengamatan media ini, jalan yang terlihat rusak tersebut, tepatnya di Desa Sumberdadi yang menghubungkan Desa Kreteranggon. Jalan ini merupakan Jalan Kabupaten yang menjadi akses utama bagi masyarakat.

Menurut salah satu warga sekitarnya, jalan rusak dan berlobang ini sudah lama hancur. Banyak masyarakat umum maupun warga sekitarnya menggunakan jalan tersebut. "Jalan ini rusak sudah bertahun-tahun mas, tapi Pemkab Lamongan tidak mau tahu. Justru Pak Kades yang berinisiatif membiayai pengurukan dan peningkatan jalan ini," ujar warga yang enggan menyebutkan namanya tersebut. Kamis, (13/7/2023).

Dengan adanya banyak laporan dari warga, Kades Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Sugiono, bertindak cepat. Ia rela melakukan pengurukan jalan menggunakan dana pribadi agar tidak ada korban yang jatuh.

"Ya bagaimana lagi mas, sudah kami laporkan tapi belum diperbaiki. Saya kasihan dengan warga saya, apalagi kondisi rusak yang rentan sekali menyebabkan terjadinya kecelakaan jalan itu," Kata Sugiono.

"Sudah berkali kali kita ajukan pembangunan jalan Kabupaten tersebut ke dinas PUTR namun hingga saat ini belum juga terealisasi sehingga saya berinisiatif untuk melakukan perbaikan pemerataan dengan pengurukan jalan menggunakan dana pribadi saya sendiri," tambahnya.

Sugiono mengungkapkan, dengan pengurukan Jalan Kabupaten dengan menggunakan dana pribadinya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Semoga bisa berguna bagi warga nya dan pengguna jalan yang lainnya," paparnya.

Dirinya berharap kepada Dinas PUTR Lamongan, agar mendengarkan dan melakukan tindakan cepat bila ada laporan. "Semoga Pemerintah Kabupaten khususnya Dinas PUTR bisa segera melakukan perbaikan terhadap jalan jalan kabupaten yang sudah rusak, jangan hanya janji janji saja tapi tak kunjung diperbaiki atau terealisasi," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Desa Sumberdadi selama dua  tahun berturut-turut menjadi nomor satu dalam pelunasan PBB Seluruh Kabupaten Lamongan. Selain itu, Desa Sumberdadi menjadi juara dua pada lomba Desa Seluruh Kabupaten Lamongan. (Imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper