suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pencuri Barang di Rumah Kos Divonis 7 Bulan Penjara, Kaiful Anam Nyatakan Banding

Foto: Terdakwa Kaiful Anam (32), warga Dusun Banyu Urip, Gresik (kiri atas), dan Saksi Nurul Hidayati, Mat suami Nurul (kanan), sidang agenda putusan hakim, di Pengadilan Negeri Surabaya secara vidio call
Foto: Terdakwa Kaiful Anam (32), warga Dusun Banyu Urip, Gresik (kiri atas), dan Saksi Nurul Hidayati, Mat suami Nurul (kanan), sidang agenda putusan hakim, di Pengadilan Negeri Surabaya secara vidio call
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik.com) - Sidang perkara pencurian spesialis kamar kos-kosan, telah mengarahkan beberapa barang dalam kamar, terakhir kepergok pemilik kamar, diteriaki maling dan dimasa warga, dengan Terdakwa Kaiful Anam Bin Dardji (32) asal Dusun Banyu Urip Kelurahan Gempol Kurung, Menganti, Gresik, pekerjaan kuli bangunan, pendidikan SD tidak tamat, di Ruang Tirta 1 Pengadilan Negeri Surabaya secara vidio call.

Dalam agenda putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim, Tongani, mengadili, menyatakan Terdakwa Kaiful Anam, terbukti bersalah melakukan tindak pidana, "percobaan pencurian dalam keadaan memberatkan" "Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 363 ayat (1) ke-5 KUHP Jo. Pasal 53 ayat (1) KUHP."

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa,dengan pidana penjara selama 7 bulan, Menetapkan masa penahanan yang dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang telah dijatuhkan. Menetapkan terdakwa tetap berada dalam tahanan," Kamis, (29/02).

Menetapkan barang bukti, 1 unit sepeda motor merk Tossa Nopol S 3029 PR, tanpa STNK dan kunci kontak, dikembalikan kepada terdakwa.
1 Gunting Holo disita dari tersangka Kaiful Anam dan 1 gembok disita dari Saksi Nurul Hidayati, dirampas untuk dimusnahkan.

Putusan hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU), Ahmad Muzakki dari Kejari Surabaya, menuntut terdakwa dengan pidana penjara 9 bulan.

Terhadap putusan majelis hakim, Terdakwa Kaiful Anam (32), menyatakan banding, "Kami akan mengajukan banding yang mulia," ujarnya.

Diketahui, Senin, 20 November 2023, Jam 13.00 Wib, Terdakwa Kaiful Anam, melakukan percobaan mengambil barang yang berada dalam kamar kos milik saksi Nurul Hidayati. Awalnya, Jam 11.00 Wib terdakwa dari rumah teman hendak ke Bongso. Melihat rumah di kost Lontar RT 004 RW 002 Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Surabaya keadaan sepi, timbul niatan mengambil barang di kamar tersebut.

Terdakwa merusak kunci gembok gunakan gunting Holo, akan tetapi terdakwa diteriaki maling oleh pemilik rumah. Terdakwa melarikan diri hingga terdakwa dipukuli warga, tidak lama datang petugas kepolisian. Terdakwa beserta barang bukti dibawa dan diamankan ke Polsek Lakarsantri. (sam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper