suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Sambut Bulan Suci 1445 H, MAKI Bersama Pemprov Jatim Gelar JTHF Ramadhan 2024

suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik.com) - Menyambut bula suci ramadhan 1445 H, (LSM-Maki) Lembaga Swadaya Masyarakat - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar acara Jatim Trade Halal Festival Ramadhan 2024.

Acara ini akan dilaksanakan mulai 9 Maret - 6 April 2024, bertempat di Atrium Mall Sutos, Surabaya.

Pameran tersebut, mengusung konsep ONE STOP MOSLEM ENTERTAINMENT, akan menjadi pusat perbelanjaan dan hiburan bagi umat Islam selama bulan puasa dan menyambut Lebaran.

Heru Satriyo selaku pembina JTHF, mengatakan, dalam festival ini, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai kegiatan dan penawaran menarik, sepert, kuliner ramadhan, pusat belanja hampers, craft dan produk Frozen food, pasar murah sembako, lomba menggambar anak, fashion show perempuan, dll

"Kuliner ramadhan ini menyajikan beragam kuliner untuk mendukung budaya buka puasa bersama, mulai dari Western Food, Indonesian Food, hingga Traditional Food. Kemudian menjual kue kering dan kue kering untuk hampers lebaran," ujar Heru saat memberikan keterangan dalam technical meeting dengan awak media dan pejabat Pemprov Jatim di Resto Nine, Ruang Ambrosia, Jalan Mayjend Sungkono 83 Surabaya, Kamis, (07/03/2024).

"Selain itu, dalam pameran ini juga menyediakan berbagai produk craft dan makanan beku yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dapur selama bulan puasa dan menawarkan sembako dengan harga terjangkau sesuai dengan semangat Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menekan kenaikan harga sembako," terangnya.

Lebih lanjut Heru Satriyo mengatakan, pelaksanaan pameran JTHF 2024 ini ada perbedaannya dengan sebelumnya. "Perbedaan pameran ini tidak mencari pembeli ritel tapi mencari agen," tutur Heru yang juga sebagai Koordinator Wilayah Jatim ini.

Ia mengungkapkan, para pengunjung yang Hadir dalam pameran ini diperkirakan sekitar 700 orang. Sebab, di dalam Mall Sutos tersebut sudah ada tempat ibadah Gereja. "Perkiraan ini berdasarkan survei, bahwa di Sutos ada tempat ibadah Gereja dengan jumlah jemaat sekitar 300 orang. Belum lagi wilayah sini dekat dengan perkantoran dan tongkrongan anak muda," ujar pria gondrong ini.

Selain itu, tutur Heru, pameran ini tak hanya menjual makanan saja, namun, pihaknya mengadakan kegiatan live show dengan panggung dan sound system untuk hiburan serta area bermain untuk anak-anak.

"Mengadakan lomba menggambar untuk anak-anak dan fashion show untuk perempuan," katanya.

Heru menegaskan, bagi pelaku UKM yang belum mengantongi perijinan maka, pihaknya akan membantu menyelesaikan perkara tersebut. "Kami juga akan membantu para UKM yang belum mengantongi ijin seperti dari BPOM untuk mengurusnya," ujarnya.

Heru menambahkan, bahwa jumlah para pelaku usaha UKM yang ada di Provinsi Jawa Timur sekitar 9,6 juta orang. "Ada sekitar 9 juta'an jumlah UKM di Jawa Timur. Maka dari itu, kami turut membantu agar pelaku usaha bisa mudah menjual produknya kepada masyarakat," pungkasnya.

Turut hadir TM tersebut, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Dinas Pertanian Jatim, Dinas Perkebunan Jatim, PTPN IV, Biro Perekonomian Setda Jatim dan Pelaku Usaha UKM. (Dre)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper