suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Terkait Amburadulnya Pembangunan Irigasi JUT 2024, Kades Dooro Angkat Bicara

suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suara-punlik.com) - Terkait dengan pelaksanaan pembangunan irigasi JUT di RT 02 RW 02, Desa Dooro 2024 yang terlihat amburadul, akhirnya Kepala Desa Dooro, Choirul Umam angkat bicara.

Choirul Umam mengatakan, bila pihaknya berterima kasih kepada suarapublik.com yang turut serta membantu mengawasi kinerjanya. "Iya pak, terima kasih sudah diingatkan terkait kegiatan pembangunan yang ada di desa kami (Desa Dooro)," ujarnya.

Menurut Choirul Umam, bahwa air tersebut sebelumnya sudah di kuras sebelum tahap pemasangan batu. Namun, Ia tak menampik jika pengurasan air tidak bisa hilang sepenuhnya.

Sebab, tutur Kades Dooro, daerah yang akan dibangun irigasi ini adalah rawa.

"Bahwa air sudah di kuras pak sebelum memulai pekerjaan. Karena memang tempat pekerjaan tersebut rawa jadi, ya airnya tidak bisa hilang sepenuhnya," dalih Choirul Umam, Senin (25/03/2024).

“Itu memang airnya tidak bisa hilang sepenuhnya pak, karena rembasan dari sekitar proyek itu kan rawa,” tambahnya.

Sayangnya, keterangan yang disampaikan Kades Dooro terkesan mengada-ada. Sebab, pihaknya tidak menunjukkan bukti atau gambar saat melakukan pengurasan air tersebut.

Keterangan dari Kades Dooro pun dibantah oleh warga sekitar. Menurut Ad warga sekitar mengatakan, bila tidak ada upaya pengurasan air. ""Ga ada pengurasan pak, kalaupun dikuras mau di buang kemana. Lihat saja airnya saja sampai ke jalanan," kata sumber.

Terpisah, Camat Cerme, Umar Hasyim saat di hubungi via telepon WhatsApp nya meminta agar lebih baik koordinasi dulu dengan pihak Pemerintah Desa Dooro. "Lebih baik koordinasi dulu dengan desa pak," pintanya.

Menurut Umar Hasyim, apabila ada kekeliruan di jajaran bawahannya (tingkat desa) terkait dengan proyek pembangunan yang masih berjalan masih bisa di perbaiki. "Kalau ada kesalahan terkait kegiatan pembangunan yang ada di desa, kan ada perbaikan," ujarnya.

Ia berharap kepada semua pihak khususnya media dalam mengkritisi proyek pembangunan di wilayahnya supaya menunggu keputusan dari pihak yang berkompeten.

"Ya kita tunggu saja pak, salah dan benarnya kan ada monev, nantinya yang menentukan kan dari pihak-pihak terkait," tandasnya. (Imam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper