suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tanggap Kelangkaan Masker, Pemdes Sawahmulya Programkan 1000 Masker Untuk Warga.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Gresik, suara-publik.com Dampak dari penyebaran wabah virus corona atau covid-19 membuat perekonomian Indonesia semakin lesu. Pekerja informal paling merasakan dampak dari wabah ini.

Pemdes Sawahmulya, sangkapura, Bawean, berinisiatif untuk menggerakkan penjahit desa membuat masker. Hal ini merupakan salah satu cara membangkitkan perekonomian masyarakat ditengah wabah covid-19.

"ini merupakan Program Pemerintah Desa Sawahmulya yang ingin memberdayakan Masyarakat bersama membantu Pemerintah melawan penyebaran virus covid 19, dengan membuat 1000 masker, ini program pelatihan menjahit untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif dan produktif, dan mendapat tambahan penghasilan, "ujar Raden Muhammad Nur, Kades Sawahmulya, minggu (12/4).

Apalagi, kata Pria yang akrab dipanggil Kak Mamat ini, sekarang penggunaan masker adalah wajib dan tak hanya disarankan untuk mereka yang sedang sakit, " "disaat genting seperti ini masker sulit didapat, pengiriman ke Bawean agak susah, jadi masyarakat yang kami latih menjahit di berdayakan dalam program ini, perlengkapan mesin jahit dan segala keperluan lainnya di sediakan oleh Pemdes, warga yang terlibat juga menerima penghasilan, ini salah satu upaya Pemdes Sawahmulya dalam mewujudkan masyarakat yang kreatif." ujarnya.

Masker yang dibuat oleh penjahit lokal ini nantinya akan dibagikan gratis kepada masyarakat desa yang rencananya dilaksanakan pada Selasa (14/4).

Suminah (42) Salah satu warga yang ikut kegiatan tersebut mengatakan produksi masker ini sangat berguna bagi masyarakat luas disaat wabah covid 19 merebak dimana-mana. "Alhamdulilah selain masker sangat di butuhkan, kami juga punya bekal kreatifitas yang nantinya akan bermanfaat bagi ekonomi keluarga.," ujar Suminah.

Ketua PKK Desa Sawahmulya, Machdalena Dwi Sisca yang terlihat dilokasi kegiatan ini mengungkapkan jika ini adalah salah satu upaya membantu pemerintah dalam pencegahan menularnya Covid 19.

"ini salah satu program peningkatan ekonomi desa, bersamaan dengan merebaknya virus Covid 19 saya kira produksi masker adalah pilihan yang tepat dan bermanfaat untuk semua," ungkap wanita empat orang anak ini.(Wahyudi/Imam. S)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper