suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Jelang New Normal, Warga Dirikan Posko Tangguh Covid-19

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara-publik.com Kampung Tangguh, Program yang digagas Kapolda Jawa Timur Irjen Fadil Imran itu salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19 yang berbasis kampung dengan mengandalkan solidaritas dan kegotongroyongan warga di tingkat kelurahan hingga RW.

Salah satu contoh Posko 01 kampung tangguh PBI RT01/RW07 Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Kota Surabaya.

Kampung ini menerapkan protokoler Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi setiap warga yang keluar masuk kampung. Di gerbang masuk kampung, didirikan posko pengecekan yang dijaga warga setempat.

Setiap tamu atau pendatang yang masuk diukur suhu tubuhnya, wajib mencuci tangan dan mengisi identitas daftar tamu.

Aparat setempat akan mengantarkan ke rumah yang dituju. Bagi tamu atau pendatang tanpa identitas mereka tetap akan menjalankan prosedur protokol kesehatan yang sama.

Namun, mereka diarahkan untuk putar balik dan kembali tidak bisa datang ke alamat yang dituju.

Untuk mekenisme penanganan orang sakit, warga yang melapor dilakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Lantai petugas dari Unit Reaksi Cepat (URC) Kampung Tangguh mendatangi rumah warga yang sakit. Setelah dilakukan diagnosa awal, petugas lalu membawa pasien ke rumah sakit dengan ambulans.

Polda Jawa Timur bersama Kodam V Brawijaya, akan menerapkan 100 Kampung Tangguh di seluruh daerah di Jatim. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus korona (covid-19), dengan memproteksi pengawasan keamanan, dan pergerakan masyarakat setempat.

"Kampung Tangguh ini nanti akan diberlakukan se- Jatim, khususnya di daerah yang diketahui ada warganya banyak yang positif covid-19 dan PDP," kata Kapolda Jatim Irjen Fadli Imran.

Fadil mengatakan, Kampung Tangguh itu nantinya akan dikoordinasi oleh Kapolres dan Dandim setempat. Mereka akan bersinergi sekaligus mendorong para kepala Kelurahan dan ketua RW, untuk membentuk sebuah gugus tugas di tingkat Kelurahan.

Misalnya seperti Satgas Covid-19 Kampung Tangguh PBI Kelurahan Babat Jerawat.(Wahyudi)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper