suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pengaruh Stress Terhadap Penurunan Berat Badan, Saat PPKM Darurat

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Disaat situasi PPKM darurat ini membawa dampak bagi kehidupan manusia akibatnya dapat mempengaruhi stress yang membuat emosi naik turun. Dimana seseorang hanya dapat berdiam dirumah, hal tersebut yang dapat membuat seseorang menjadi malas untuk melalukan aktiviatasnya.

Tidak hanya pikiran, stress juga dapat mempengaruhi fisik seseorang dan membuat berat badan tidak stabil. Banyak faktor penyebab stress dikala PPKM darurat ini, diantarnya yaitu faktor keuangan, pekerjaan, hubungan, serta perubahan pola hidup. Stress ini yang dapat mempengaruhi proses tubuh seperti mengubah dalam kebiasaan makan. Hal ini berakibat pada perubahan berat badan seseorang.

Disini kita akan membahas apasih itu stress? Lalu bagaimana cara stress dapat mempengaruhi berat badan tubuh? dan bagaimana cara untuk mengatasinya? simak ulasan beriku!

A. Pengertian stress

Stress adalah suatu tanggapan atau reaksi tubuh yang disebabkan adanya transaksi individu dengan lingkungan yang dapat menimbulkan emosi negative berupa ketegangan yang mempengaruhi munculnya reaksi biologis, psikologis, dan perilaku individu.

B. Pengaruh stress terhadap penurunan berat badan tubuh.

Saat stress, tubuh akan melepas hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin ini fungsinya untuk mempersiapkan tubuh melakukan aktivitas berat. Akan tetapi, hormone ini bisa meminimalisir nafsu makan. Sedangkan kortisol memberi sinyal pada tubuh untuk menekan fungsi-fungsi yang tidak penting, termasuk respons sistem pencernaa, kekbalan,dan reproduksi.

Respon stress yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini yang berakibat pada sistem pencernaan melambat agar tubuh bisa berfokus untuk merespon pemicu stress. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko sakit perut, diare, sembelit, dan maag. Bahkan, stress kronis bisa memicu sindrom iritasi pada usus besar.

Perubahan pada pencernaan inilah yang membuat kita makan lebih sedikit yang dapat berefek pada penurunan berat badan. Hal ini bisa mempengaruhi kebiasaan makan kita. Akibatnya, kita tidak merasakan lapar atau mungkin lupa jika belum ada makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses dan menyerap nutrisi.

C. Cara mengatasi penurunan berat badan.

Cara untuk mengatasi penurunan berat badan akan berbeda-beda, tergantung dari penyebab berat badan anda turun. Berikut ini adalah cara yang disarankan untuk mengatasi penurunan berat badan :

1. Makanlah lebih sering

Disaat mengalami penurunan berat badan mungkin anda merasa lebih cepat kenyang. Makan 5-6 porsi kecil di siang hari dari pada 2 atau 3 kali makan besar.

2. Pilih makanan yang kaya akan nutrisi

Sebagai bagian dari diet sehat secara keselruhan yaitu pilihlah roti, pasta, dan sereal dari gandum utuh. Dan disarankan untuk melengkapi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, susu, biji-bjian, dan kacang-kacangan.

3. Cobalah smoothie dan shake

Hindari soda diet, kopi, dan minuman yang mengandung minim kalori dan nilai gizi. Sebagai gantinya dengan mencoba smoothie atau minuman kocok sehat yang dibuat dari buah segar dan susu, lalu taburkan biji rami bubuk.

4. Memperhatikan saat minum

Dari sebagian orang menemukan bahwa minum sebelum makan akan membuat nafsu makan berkurang hal ini karena mereka sudah merasakan kenyang sebelum makan. Dalam hal ini, mungkin lebih baik untuk menyesap minuman berkalori tinggi bersama dengan makanan ataupun cemilan.

5. Memperhatikan kadar gula dan lemak

Walaupun anda kekuranganberat badan, perhatikan pula kelebihan gula dan lemak. Terlalu banyak cemilan manis berbahaya. Pastikan cemilan anda tetap sehat dan memberikan nutrisi selain kalori. Contohnya seperti yogurt, granola bar, dan muffin.

6. Buatlah setiap gigitan berarti

Artinya makanlah makanan yang bergizi meskipun anda ingin menaikkan berat badan. Anda juga dapat mengunsumsi makanan sebelum tidur. Contohnya seperti roti lapis selai kacang atau isi dengan irisan sayuran, alpukat, daging tanpa lemak, dan keju.

7. Rutin berolahraga

Latihan kekuatan dapat membantu anda dalam menaikkan berat badan dengan membangun otot. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan anda.

8. Istirahat cukup

Dengan cukup istirahat juga bisa membantu menaikkan berat badan. Krena kualitas tidur yang tetap terjaga berperan penting dalam pertumbuhan otot. Oleh sebab itu, pastikan anda mencukupi waktu tidur dengan beristrirahat setidaknya 7 sampai 9 jam sehari.

 

Penulis: Fefi Nur Hidayah

100%100%

Mahasiswa Akper Hermina Manggala Husada.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper