suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

LDP Bagi Korban Erupsi Semeru oleh JSC, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur

avatar suara-publik.com
Foto: Rangkaian kegiatan Dinsos Jatim di Lumajang.
Foto: Rangkaian kegiatan Dinsos Jatim di Lumajang.
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik. com) - Jatim Sosial Care (JSC), Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur turun serta memberikan bantuan dalam bentuk LDP (Layanan Dukungan Psikososial) untuk meredakan trauma yang dialami baik anak-anak, lansia maupun orang dewasa.

Kegiatan LDP tersebut, dilakukan di beberapa titik pengungsian sampai dengan bencana ini mereda. JSC Dinsos Jatim mendirikan posko di Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, untuk mempermudah akses bagi korban erupsi yg membutuhkan trauma healing.

100%100%

"Kegiatan trauma healing merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pengabdian tim JSC Dinsos Prov. Jatim kepada masyarakat," ujar Kadinsos Jatim M. Alwi saat ditempat pengungsian, Jum'at, (10/12/2021). 

"Tujuannya, untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional tidak hanya anak-anak, melainkan orang dewasa dan lansia pasca bencana semeru dengan berbagai macam permainan yang dilakukan secara individu maupun kelompok," tambahnya. 

100%100%

Untuk Trauma healing bagi anak-anak, kata M. Alwi, diberikan berbagai macam hiburan, diantaranya, menyanyi, menulis, menggambar, bernyanyi bersama sambil di asessmen.

Sedangkan untuk orang dewasa dan lansia diajak sholawatan bersama dan trauma healing secara personal.

"Ada yang menarik dalam kegiatan LDP tersebut, yakni pada saat para pengungsi dewasa dan Lansia diajak sholawatan bersama, para korban bencana ini langsung terbawa emosi. Mereka larut sehingga pemberian trauma healing bisa pelan-pelan dilaksanakan," tandasnya. 

100%100%

Selanjutnya, Kadinsos Jatim, M. Alwi bersama team bergerak di titik pengungsian SMPN 1 Candipuro dan Lapangan penanggal. Team LDP terdiri dari pekerja sosial dari 30 UPT Dinsos Jatim, Penyuluh Sosial, TKSk, Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) dan Pilar Sosial lainnya. 

Selain itu, Dinsos Jatim juga membuka Posko LDP di Desa Jarit Kecamatan Candipuro, agar team LDP siap siaga membantu trauma healing bagi korban.

Kegiatan LDP tersebut ditutup dengan acara pengajian yang langsung dipimpin Kadinsos Jatim, M. Alwi, sebagai upaya meningkatkan emosional Spiritual Equotion (SE) para pengungsi. (Dre)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper