suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Buron 1 Bulan, Perampas HP ini Akhirnya di Tangkap.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Laporan: Tom

SURABAYA Suara-Publik. Ilham Firmansyah (19), pemuda yang tinggal di Dukuh Pakis III/32 ini akhirnya berhasil diringkus tim Anti Bandit Polsek Dukuh Pakis Surabaya, Kamis (21/9) pagi. Ilham merupakan DPO atas kasus perampasan handpone milik korban Iwan Sukrsina.

Pemuda lulusan SMP itu diringkus setelah hampir satu bulan buron. Peran Ilham adalah membonceng temannya, Riski yang menjadi eksekutor perampasan diĀ  jalan Wonokiritri VIII. Keduanya melakukan perampasan lantaran terpengaruh minuman beralkohol usai berpesta miras di Pakis Tirtosari Surabaya.

Kanit Reskrim Polsek Dukuh Pakis, AKP Akhiyar menuturkan, pelaku Ilham berhasil kabur lantaran ia mennggunakan motor saat kejadian. Selang sebulan, Ilham baru ditangkap setelah polisi menerima informasi jika dirinya kembali ke rumah pamannya di jalan Dukuh Pakis III/32 Surabaya.

Ilham ditangkap dalam posisi tetidur sekitar pukul 06.00 WIB. " pelaku kami amankan saat tertidur di rumah pamannya. Bahkan motor sarana milik paman pelaku juga kami amankan sebagai barang bukti," terang Akhiyar, Kamis (21/9) siang.

Dari pengakuan pelaku, dirinya hanya mengikuti arahan Riski. Keduanya tengah mabuk dan saat kejadian ia disuruh berhenti oleh Riski. "Saya tidak tahu kalai Riski mau rampas handpone orang. Saya yang bonceng disuruh berhenti gitu pak," dalih pelaku.

Kini, Ilham menyusul temannya, Riski yang sudah tertangkap lebih dulu saat kejadian. Kepadanya polisi menjerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang ancaman hukuman hingga 4 tahun penjara.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper