suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Edarkan Pil Koplo, Jhon Mayoko di Vonis 1,8 Tahun.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, Suara Publik.com - Bandar pil double L sebanyak 350 butir, Jhon Mayoko, akhirnya dijatuhi pidana penjara selama 1 tahun dan 8 bulan (20 bulan), setelah dinyatakan terbukti bersalah melanggar UU kesehatan oleh Majelis Hakim, saat sidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

Majelis Hakim yang diketuai Sarwedi menyatakan terdakwa Jhon Mayoko telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3).

"Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Jhon Mayoko, dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 8 bulan penjara, dikurangkan selama terdakwa berada dalam tahanan,"ucap Hakim Sarwedi saat membacakan amar putusannya di ruang Cakra, Rabu (22/04/2020).

Tak hanya hukuman badan, terdakwa juga dijatuhi pidana denda sebesar Rp 100 subsidiair 1 bulan penjara.

Atas putusan ini, terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hasannudin Tandilolo dari Kejari Tanjung Perak Surabaya menyatakan terima. "Terima pak Hakim," ujar terdakwa. 

Sebelumnya, terdakwa Jhon Mayoko di tuntut oleh JPU dengan pidana penjara selama 2 tahun, pidana denda Rp 100 juta subsidiair 1 bulan.

Untuk diketahui, terdakwa Jhon Mayoko mendapatkan pil double L tersebut dengan cara membeli kepada Anton (DPO) sebesar Rp. 750 ribu (1000 butir), dengan maksud untuk dijual kembali.

Dari penjualan tersebut, terdakwa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.250.000. Pada hari sabtu tanggal 14 Desember 2019 sekira pukul 23.00 WIB, dilakukan penangkapan oleh saksi Didik Purwiyanto dan saksi Agus Subandi (petugas kepolisian) terhadap terdakwa yang berada di depan asrama brimob JI. Klakah rejo Surabaya. 

Saat dilakukan penggeledahan terhadap terdakwa, ditemukan dalam kekuasaan terdakwa berupa 35 (tiga puluh lima) poket yang berisikan masing masing 1 (satu) poket plastik isi 10 (sepuluh) butir pil double LL, yang disembunyikan di bekupon burung dara dan di bagasi sepeda motor....(Stev).

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper